Minggu, 14 Juni 2020

ALLAH TURUT BEKERJA MENDATANGKAN KEBAIKAN

FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN
Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi
Renungan Harian, Senin 15 Juni 2020

ALLAH TURUT BEKERJA MENDATANGKAN KEBAIKAN

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan.

Roma 8:28 (TB)  Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Romans 8:28 (RWV)  And we know that all things work together for good to them that love God, to them who are the called according to his purpose.

Dalam hidup ini banyak sekali yang kita rencanakan dengan matang namun hasilnya berbeda dari yang diharapkan. Pada kesempatan lain, bisa saja terjadi hal yang tak diduga namun telah mendatangkan sukacita. Hidup ini memang harus berjalan, direncanakan dengan matang, namun di semua persiapan yang diakukan kita percaya kekuatan ilahi yang bekerja mendatangkan sukacita. Allah tidak bekerja saat baik-baik saja, keadaan buruk dapat juga dipakai Tuhan mendatangkan kebaikan bagi orang percaya.  Hal inilah yang harua disadari bahwa apa yang terjadi dalam hidup ini bukan semata-mata hasil dari pekerjaan manusia semata tetapi ada Allah yang turut bekerja mendatangkan kebaikan dalam hidup orang percaya. Allah bekerja menentukan apa yang seharusnya terjadi dalam hidup manusia. Jika Tuhan menentukan kemujuran bagi hidup ini tetaplah bersyukur, dan jika ada beban dan kesukaran jalanilah dengan tekun dan sabar siapa yang tahu dibalik itu semua ada buah manis yang dipersiapkan Tuhan.

Paulus dalam Roma 8 menjelaskan dengan baik bahwa Roh Kudus memimpin hidup orang percaya. Roh Kudus yang telah berdiam di dalam diri setiap orang percaya memiliki kuasa (dinamis)  mendorong manusia untuk melakukan kehendak Tuhan. Roh Kudus memanggil, mengajari dan membimbing serta meneguhkan orang percaya sampai hari kedatangan Tuhan Yesus Kristus. Roh tidak pasif dalam diri manusia dan  Roh Kudus turut bekerja mendatangkan kebaikan bagi orang percaya.

Ada banyak pergumulan dan penderitaan yang menimpa orang percaya dari jaman gereja mula-mula. Mereka dikejar dan dianiaya, mereka terus dikejar-kejar dari satu kota kekota lain. Seolah tidak ada ruang dan kesempatan untuk bernafas, semua nya didesak oleh penderitaan. Namun pengejaran itu membuat Injil semakin cepat tersebar.

Roh Kudus adalah penolong bagi orang percaya. Dalam pergumulan dan penderitaan yang tak terucapkan dengan kata-kata i, Roh kudus membantu kita menyampaikan doa dan permohonan kita kepada Allah.
Karena itu jika seseorang menghadapi pergumulan jangan pernah berputus asa menghadapi penderitaan, tetapi jalanilah  dengan pertolongan Roh Kudus.

Allah turut bekerja mendatangkan kebaikan bagi kita. Seperti peneguhan Musa di perjalanan Gurun, Keluaran 14,14 dikatakan: "Tuhan berperang untuk kamu, asal kamu diam saja." Diam bukan berarti pasif, kita mesti berjalan dalam terang Tuhan, usaha kita kita serahkan kepada Tuhan agar diberkati dan sesuai dengan kehendakNya.

Sahabat yang baik hati! Sering orang berpikir demikian, saat mendapat bahagia dan sukacita Tuhan digambarkan begitu baik dan pemuh berkat. Namun saat bergumul dipahami Tuhan itu sangat jauh dan Tuhan telah menjauhkan wajahnya kepada kita. Pandangan inilah yang diluruskan oleh Paulus, Allah melalui Roh Kudus yanh diam di dalam diri manusia tidak pernang meninghalkan orang percaya. Dalam segala keadaan Allah turut bekerja. Saat ada sukacita Allah bersama kita menanti ungkapan syukur. Saat berduka dan bergumun Allah juga bersama kita danntueut bekerja menopang agar kita kuat menjalaninya. Percayalah bahwa Tuhan turut bekerja mendatangkan kebaikan bagi kita.

Sahabatku, dimanapun saudara berada Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amen

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...