Senin, 29 Juni 2020

MENELADANI YESUS YANG RENDAH HATI

FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN
Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi
Renungan Harian, Selasa, 30 Juni 2020

*MENELADANI YESUS YANG RENDAH HATI*

Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan.

Yohanes 13:14 Jadi jikalau Aku membasu kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamu pun wajib saling membasuh kakimu!”.

John 13:14 (RWV)  If I then, your Lord and Master, have washed your feet; ye also ought to wash one another’s feet.

Sebelum memulai renungan ini persiapkanlan satu pinsil dan buku tulis! Pertama coba anda tuliskan yang menurut anda orang yang pintar...! (berapa nama yang anda tulis?). Mungkin akan banyak nama yang anda tuliskan darinpara ahli dan pakar dengan beebagai embel-embel atau gelar akademiknya.

Kedua: coba anda tuliskan siapa yang menurutmu orang yang rendah hati! (...) adakah nama yang anda tuliskan?

Menuliskan orang-orang yang pintar sangat gampang, mungkin buku tuliskita   kurang   untuk   menuliskan   nama-nama   orang   pintar,   tapi   menuliskan   siapa orang yang rendah hati? Mungkin sampai saat ini kertas anda masih kosong bukan? Kenapa demikian? Jawabnya kita kurang meneladani Yesus yang rendah hati. Yesus   telah   menunjukkan   teladan. 

Renungan pagi ini Yesus membasuh   kaki   para   murid.   Ini   suatu   yang   tidak   lazim.   Bagi   orang   Yahudi, karena membasuh kaki hanya dilakukan seorang hamba pada tuannya. Bukankah Yesus itu Guru dan Tuhan? Mengapa  Yesus melakukannya?  Makna membasuh kaki adalah Yesus   memaafkan,   mengampuni   murid-muridNya   atas   semua   respon   merekaterhadap   Yesus.   Kaki   adalah   bahagian   dari   anggota   tubuh   yang   pertama bersentuhan   dengan   tanah,   yang   kotor   dan   apa   saja   yang   diinjak   selama perjalanan.   Yesus   telah   membasuhNya   dan   membersihkanNya   melalui pengorbananNya di kayu salib. Yesus   membasuh   kaki   para   murid   agar   hal   yang   sama   dilakukan   oleh   murid-muridNya,   mengampuni   dan   melayani   seorang   dengan   yang   lain.

Membasuh kaki murid merupakan bukti kerendahan hati Tuhan Yesus. Yesus memberikan keteladanan tidak mempertahankan statusnya sang Guru dan Tuan atas mereka. Dia rela melakukan merunduk untuk menjangkau kaki para murid yang kotor. Rendah hati adalah essensi pelayanan itu sendiri. Orang yang kita layani adalah tuan dan kita adalah hambanya. Inilah yang hendak ditunjukkan Tuhan Yesus kepada murid-murid dan agar perbuatan yang sama mereka lakukan pada orang lain dalam pelayanannya. Yohanes 13:15 (TB)  sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu.

Ini jugalah yang menjadi tugas kita sebagai murid Tuhan Yesus adanya kesediaan melayani dan rendah hati. Yesus berkata dalam Matius 23:11 (TB)  Barangsiapa terbesar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu.

Sahabat yang baik hati! Jangan   biarkan   lembaran   kosong   daftar   nama   yang   rendah   hati. Kiranya anda salah satu dari pembaca renungan ini, yang dituliskan orang percaya menjadi orang yang meneladani Tuhan Yesus yang rendah hati.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt. Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...