Jumat, 15 Juni 2018

TUHAN MENCUKUPKAN SEGALANYA

TUHAN MENCUKUPKAN SEGALANYA

Sahabat yang baik hati! Marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Sabtu 26/06/2018

Mazmur 23:2 (TB)  Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang;
Psalm 23:3 (RSV)  he makes me lie down in green pastures. He leads me beside still waters;

Mazmur 23 adalah salah satu nyanyian paling indah dari 150 pasal kitab Mazmur. Tidak heran jika banyak orang menghapalkan satu pasal ini, atau menggubahnya lewat nyanyian merdu karena isinya indah dan sungguh menggetarkan hati. Benar bahwa Tuhanlah gembala yang baik dan takkan kekurangan orang yang digembalakan Tuhan.

Dua hal dari sekian banyak perbuatan Tuhan bagi gembalaannya disebutkan dalam ayat 2 ini bahwa Tuhan mencukupkan segala kebutuhan kita.

Pertama adalah Ia membaringkan aku di padang yang rumput hijau. Gembala yang baik akan selalu menuntun domba-dombaNya ke padang rumput yang hijau. Hal ini nerbicara tentang kebutuhan stok makanan dan apa yang dibutuhkan tersedia adanya. Istilah "membaringkan"  identik dengan peristirahatan. Beristirahat dalam ketenangan dan ketersediaan stok makanan yang berkelimpahan. Ini adalah suatu jaminan pemeliharaan Tuhan atas hidup umat yang yang dikasihiNya. Di dalam Tuhan kita tidak akan berkekurangan, Tuhan tidak akan membiarkan kita mati kelaparan namun akan selalu dicukupkanNya. Dalam ketiadaaan stok makanan Tuhan juga mengirimkan buruk-buring gagak memberikan makanan bagi Elia. Buruk gagak meruoakan burung paling rakus, namun Tuhan pakai untuk menyediakan stok makanan bagi hambaNya.  Dari stok tepung dan minyak terakhir bagi janda di Sarfat Tuhan menyediakan makanan bagi hambanya dan keluarga janda (baca 1 Raja 17). Ini berarti dalam segala keadaan Tuhan sanggup mengatasi keadaan dan memelihara umatNya. Yesus juga pernah bersabda: Matius 6:26 (TB)  "Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?" Demikianlah kasih Tuhan atas umat yang digembalakannya.

Kedua: membimbing aku ke air yang tenang. Di Timur tengah, tanahnya begitu gersang, kering dan tandus sangat minus sumber air. Sumber mata air adalah paling menentukan. Setiap kampung biasanya ada satu sumber mata air atau sumur yang dapat memberikan stok air bagi masyarakat dan ternaknya. Jika kekeringan berkepanjangan tiba maka tak jarang orang ke luar mencari oase-oase atau sumber mata-mata air yang baru yang dapat mereka ambil. Sungguh alangkah bahagianya jika mereka menemukan sumber mata air. Gambaran sukacita mengatasi kehausan seperti itulah yang akan dinikmati oleh orang yang mau digembalakan Tuhan. Tuhan akan membimbing orang-orang yang dikasihinya menikmati air yang tenang. Tuhan menjamin dan mencukupkan kebutuhan air bagi mereka yang percaya kepadaNya. Yesuslah sumber air kehidupan bagi kita. Yohanes 4:14 (TB)  "tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal."

Sahabat yang baik hati! Tentu masih banyak lagi jaminan dan pemeliharaan Tuhan atas hidup orang yang dikasihiNya yang digambarkan dalam Mazmur 23 ini..bahkan sekalipun sudah berjalan di alam maut, namun Tuhan memelihara.  Menjadikan Tuhan sebagai gembala berarti menyerahkan totalitas hidup kita di dalam tanganNya. Percaya dan ikut saja apa yang disampaikan oleh Gembala yang Baik, semuanya akan diberikannya kepada kita dengan hidup berkelimpahan. Domba yang baik akan mendengar dan melakukan suara Sang Gembala.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengannm melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...