Rabu, 13 Juni 2018

KESELAMATAN BAGI UMAT TUHAN

KESELAMATAN BAGI UMAT TUHAN

Sahabat yang baik hati! Marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Kamis, 14/06/2018

Yesaya 35:6-7 (TB)  Pada waktu itu orang lumpuh akan melompat seperti rusa, dan mulut orang bisu akan bersorak-sorai; sebab mata air memancar di padang gurun, dan sungai di padang belantara;
tanah pasir yang hangat akan menjadi kolam, dan tanah kersang menjadi sumber-sumber air; di tempat serigala berbaring akan tumbuh tebu dan pandan.

Isaiah 35:6-7 (RSV)  then shall the lame man leap like a hart, and the tongue of the dumb sing for joy. For waters shall break forth in the wilderness, and streams in the desert;
the burning sand shall become a pool, and the thirsty ground springs of water; the haunt of jackals shall become a swamp, the grass shall become reeds and rushes.

Jika kita baca semua pasal 35 ini, semuanya berbicara tentang kabar gembira yang akan dilakukan Tuhan bagi umatNya. Segala yang baik, positip dan mendatangkan sukacita akan diberikan sebagai jaminan keselamatan bagi umatNya. LAI memberikan judul pasal 35 ini dengan "KESELAMATAN BAGI UMAT TUHAN". Judul ini sangat tepat dalam kondisi Yehuda yang tergoncang. Bagaimana mereka melepaskan diri dari tekanan negara asing. Diperkirakan Israel Utara telah ditahlukkan Assyur, sementara negara-negara lainnya bangkit untuk membuat penekanan terhadap Yehuda. Raja-raja terakhir di Yehuda mengalami kesulitan untuk menetukan pilihan apakah bertahan sebagai negara yang berdiri sendiri diatas tekanan asing atau harus membuat koalisi dengan negara asing untuk meselamatan Yehuda. Tahun 701 raja Hizkia menghadapi penyerbuan Raja Sanherib.

Dalam keadaan demikianlah Yesaya tampil meyakinkan pemimpin Yehuda dan segenap Israel. Tuhan sendiri akan mendatangkan hukuman bangi bangsa-bangsa termasuk Edom (Lihat pasal  34). Dari Tuhanlah keselamatan, jaminan ini ditekanka oleh Yesaya agar tidak ikut dalam koalisi meminta kekuatan asing.

Yehuda akan selamat dalam perlindungan dan pertolongan Tuhan. Jika kita baca keseluruhan pasal 35 ini seluruhnya nubuatan akan keselamatan umat Tuhan. Mereka akan bersukacita seperti sukacita rusa yang melompat-lompat karena terbabas dari serangan pemangsa, amang dengan rumput hijau dan tersedianya air.

Sukacita umat yang memperoleh keselamatan ini seperti orang lumpuh melompat lompat kegirangan. Selama ini lumpuh, terhenti dan tidak bisa bergerak namun karena pertolongan Tuhan mereka bisa berdiri bahkan melompat-lompat kegirangan. Kehirangan seekor rusa yang menemukan air di padang belantara. Adanya kehidupan, kemakmuran dan kelanjutan kehiduoan. Keselamatan itu akan diberikan Tuhan, selama ini kering dan gersang namu mendapat air bahkan menjadi kolam dan tersedianya sumber-sumber air. Bukan hanya itu keselamatan umat Tuhan dijelaskan dalam nats renungan pagi ini seperti serigala yang tenang aman disekitarnya tumbuh tebu dan pandan. Serigala tak perlu berburu karena akan datang rusa dan ternak lainnya menjadi santapannya.

Sahabat yang baik hati! Apa yang kita temukan dalam renungan ini adalah keselamatan yang Tuhan persiapkan bagi umatNya dalam segala keadaan. Tuhan tetap sedia memberikan pertolongan dan keselamatan bagi orang yang tetap percaya dan setia kepada Tuhan.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...