Selasa, 19 Juni 2018

AMPUNI DAN BERKATILAH UMATMU

AMPUNI DAN BERKATILAH UMATMU!

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah kita menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Rabu, 20/06/2018.

1 Raja-raja 8:36 (TB)  maka Engkau pun kiranya mendengarkannya di sorga dan mengampuni dosa hamba-hamba-Mu, umat-Mu Israel, — karena Engkaulah yang menunjukkan kepada mereka jalan yang baik yang harus mereka ikuti — dan Engkau kiranya memberikan hujan kepada tanah-Mu yang telah Kauberikan kepada umat-Mu menjadi milik pusaka.

1 Kings 8:36 (RSV)  then hear thou in heaven, and forgive the sin of thy servants, thy people Israel, when thou dost teach them the good way in which they should walk; and grant rain upon thy land, which thou hast given to thy people as an inheritance.

Nats renungan hari merupakan bahagian dari doa permohonan Raja Salomo pada saat peresmian atau disebut pentahbisan Bait Allah. Sebagaimana kita tahu bahwa Daud telah meminta kepada Tuhan hendak membangun Bait Allah sebagai pusat Ibadah bagi seluruh Israel. Namun Tuhan tidak mengijinkan Daud, sekalipun Daud mempersipakan perencanaan pembangunan namun Tuhan lebih memilih Salomo untuk membangun Bait Allah. Salomo sebagai pengganti Daud melakukan apa rencana Daud dan pembangunannya pun rampung. Salomo beserta seluruh umat Israel merayakan penahbisan Bait Allah penahbisan itu diawali dengan prosesi arak-arakan membawa Tabut Perjanjian ke Ruang Maha Kudus, kemudiaan diikuti dengan komitmen seluruh bangsa Israel yang terdaftar di kedua belas suku-suku Israel dan berdoa dihadapan Allah serta berjanji akan mecintai Bait Allah. Setelah komitmen ini, Salomo bangkit berdiri di hadapan Allah berdoa untuk seluruh bangsa Israel umat yang dipimpinnya. Disini Salomo menjnjukkan dirinya sebagai pemimpin yang mendoakan rakyat yang dipimpinnya.

Ada dua permohonan mendasar yang disampaikan Salomo dalam ayat 36 yaitu pertama, agar Tuhan mengampuni seluruh dosa dan pelanggaran  bangsa Israel dan kemakmuran bangsa Israel. Pengampunan penting karena bagaimana bangsa ini menjadi maju jika kesalahan dan pelanggaran menjadi penghalang besar bagi Tuhan.  Keberanian memohon pengampunan ini, tentu diawali dengan menghantarkan umat Israel kepada pengakuan dosa. Salomo menyadari bahwa pelanggaran dan dosalah yang membuat jauh darj kesejahteraan karena itulah dia memohon pengampunan. Sebagaimana pesan firman Tuhan: Yesaya 59:1-2 (TB)  Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar;  tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.

Setelah menyampaikan permohonan pengampunan, Salomo melanjutkan doanya memohon berkat. Salomo meminta agar Tuhan memberkati umatNya menjadi makmur dan sejahtera melalui hasil-hasil pertanian mereka. Dalam ini, Salomo secara khusus berdoa agar Tuhan memberikan hujan pada waktunya, membasahi lahan pertanian mereka. Disini berkat yang diminta Salomo bukan kemakmuran tetapi proses awal dari kemakmuran itu yaitu dengan iklim yang baik dan curah hujan yang baik. Dia tidak meminta panen mereka melimpah, tetapi apa yang mendukung pertanian mereka dapat melimpah dengan baik yaitu dengan curah hujan dan cuaca yang mendukung. Tanah Kanaan yang disebut dengan milik pusaka Israel adalah tanah yang subur, berlimpah madu dan susu (Bil 13:27) akan nyata memakmurkan dan mendatangkan kesejahteraan bagi umatNya.

Sahabat yang baik hati! Dua hal permohonan Salomo dalam renungan di pagi hari ini adalah kunci utama memasuki kehidupan yang sejahtera: pengampunan atas dosa dan memberkati pekerjaan kita menghasilkan sukacita dan bahagia bagi kita.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup anda. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...