Senin, 25 Juni 2018

DI DALAM MURKA ADA JAMINAN KESELAMATAN

DI DALAM MURKA ADA KESELAMATAN

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Selasa, 26/06/2018

Yoel 2:21-22 (TB)  Jangan takut, hai tanah, bersorak-soraklah dan bersukacitalah, sebab juga TUHAN telah melakukan perkara yang besar!  Jangan takut, hai binatang-binatang di padang, sebab tanah gembalaan di padang gurun menghijau, pohon menghasilkan buahnya, pohon ara dan pohon anggur memberi kekayaannya.

Joel 2:21-22 (RSV)  "Fear not, O land; be glad and rejoice, for the LORD has done great things! Fear not, you beasts of the field, for the pastures of the wilderness are green; the tree bears its fruit, the fig tree and vine give their full yield.

Kitab Yoel hanya terdiri dari 3 pasal, nabi ini disebut nabi yang murka, karena hadir dengan menumpahkan nubuatan akan murka Tuhan di hari Tuhan. Murka Tuhan itu memusnahkan segalanya:  Tuhan akan mendatangkan belalang pemusnah yang melahap dan menghanguskan seluruh tanaman, tumbuhan dan pertanian tak ada yang tersisa. Yoel 1:4 (TB)  "Apa yang ditinggalkan belalang pengerip telah dimakan belalang pindahan, apa yang ditinggalkan belalang pindahan telah dimakan belalang pelompat, dan apa yang ditinggalkan belalang pelompat telah dimakan belalang pelahap."

Belalang pemusnah ini akan menghabiskan seluruh tanaman mereka tak ada yang tersisa sedikit pun. Murka Tuhan tidak hanya berhenti disitu, mesin pemusnah akan datang dan menghanguskan segala-galanya dan tak ada satupun yang luput dari hukuman Tuhan.

Yoel 2:5 (TB)  "Seperti gemertaknya kereta-kereta, mereka melompat-lompat di atas puncak gunung-gunung; seperti geletiknya nyala api yang memakan habis jerami; seperti suatu bangsa yang kuat, teratur barisannya untuk berperang."

Adakah keselamaran dan jaminan lehidupan bagi umaNya? Hari Tuhan tak akan tertunda, sangkakala sudah di bunyikan. Hari Tuhan segera datang hukuman pun tiba. Hari Tuhan adalah gelap dan kesusahan bagi orang yang tidak siap sedia menantikan Tuhan, namun keselamatan terbuka bagi orang yang bertobat. Itulah sebabnya satu-satunya hal yang harus dilakukan oleh umat Tuhan  adalah: berbalik dari jalannya yang meninggalkan Tuhan.
Yoel 2:12-13 (TB)  "Tetapi sekarang juga," demikianlah firman TUHAN, "berbaliklah kepada-Ku dengan segenap hatimu, dengan berpuasa, dengan menangis dan dengan mengaduh." Koyakkanlah hatimu dan jangan pakaianmu, berbaliklah kepada TUHAN, Allahmu, sebab Ia pengasih dan penyayang, panjang sabar dan berlimpah kasih setia, dan Ia menyesal karena hukuman-Nya.

Dalam murka ada ruang keselamatan asalkan mau bertobat. Berubah dengan segenap hati dari perbuatan - perbuatan dosa yang mendatangkan murka Allah. Jangan kuatir, Tuhan akan mengampuni. Mereka akan bersuka cita dan bersorak-sorai, Tuhan akan memberkati tanah yang mereka diami dengan memberikan pertumbuhan tanaman dengan baik dan hingga menghasilkan buah panen yang melimpah. Bukan hanya itu Tuhan akan memberkati binatang-binatang peliharaan mereka dan memberikan kehidupan mahkluk hidup lainnya dipadang belantara.a semua itu dilakukan Tuhan sebagai bukti jaminan dan pemeliharan Tuhan atas hidup mereka. Tuhan menjamin hidup umatNya dari belalang pemusnah.

Sahabat yang baik hati! Apa yang kita baca hari ini merupakan peringatan atas hidup kita. Hari Tuhan akan datang; hanya dua opsi masuk dalam hukuman atau keselamatan. Bagi kita orang yang percaya hari Tuhan bukanlah sesuatu yang ditakuti, karena telah dijamin dan dimateraikan di dalam Yesus Kristus. Di dalam Kristus kita telah memperoleh keselamatan. Itulah jaminan hidup kita, karena itu kita harus mengerjakan keselamatan kita dengan menghasilkan buah-buah pertobatan.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...