Rabu, 06 Juni 2018

BERKAT TUHAN TERCURAH ATASMU

BERKAT TUHAN TERCURAH ATASMU

Sahabat yang baik hati! Marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita.  Kamis, 07/05/2018

Yesaya 44:3 (TB)  Sebab Aku akan mencurahkan air ke atas tanah yang haus, dan hujan lebat ke atas tempat yang kering. Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas keturunanmu, dan berkat-Ku ke atas anak cucumu.

Isaiah 44:3 (RSV)  For I will pour water on the thirsty land, and streams on the dry ground; I will pour my Spirit upon your descendants, and my blessing on your offspring.

Ada kekuatiran yang sangat mendalam bagi orang Israel memasuki pembuangan Babel. Selain sudah merasa terpukul karena kota kebanggaan mereka Yerusalem dihancurkan oleh Nebukadnezar tahun 653 SM dan telah menjadi puing. Raja Babel menghancurkan kota itu termasuk Bait Suci dan seluruh penduduknya diangkut ke Pembuangan Babel.  Mereka mamasuki suasana penderitaan dan hidup di negeri aaing. Pembuangan itu membuat mereka hidup serba menyengsarakan dan ketidak pastian. Tempat tinggal yang belum jelas, rasa aman hilang dan tiada masa depan, lain lagi dengan penindasan dan kerja paksa. Ini semua menjadi beban penderitaan yang mereka alami.

Dalam keadaan yang serba berat inilah Tuhan melalui nabi Yesaya memberikan penghiburan dan peneguhan. Tuhan sendiri akan menyertai dan melindungi mereka. Tuhan tahu apa yang mereka rasakan dan Tuhan sendiri akan memberikan apa yang mereka butuhkan. Seperti curah hujan diatas tanah demikian Tuhan akan memberikan apa yang mereka butuhkan.  Tanah kering akan segera berubah menjadi debu namun jika hujan turun tanah kering bisa menjadi subur menumbuhkan bibit kehidupan. Seperti hujan atas tanah yang kering demikian Tuhan memberikan apa yang di butuhkan umat Israel di pembuangan.

Aku akan mencurahkan Roh-Ku keatas keturunanmu dan berkat bagi anak cucumu! Disini ada satu jaminan bahwa keturunan umat Allah akan dipelihara Tuhan. Roh Tuhan dicurahkan atas keturunan mereka. Roh Tuhan bisa dipahami sebagai spirit atau semangat, Roh tang memberikan semangat.  Makna kedua adalah kehadiran Allah bersama-sama mereka dalam penderitaan. Umat Allah tidak sendirian menghadapi semua masalah dlaam pembuangan , namun Roh Tuhan menyertai dan mendampingi mereka.

Berkat bagi anak-cucu! Hal ini sangat penting bahwa masa depan Isael akan dipelihara Tuhan. Umat Allah tidak akan berakhir di pembuangan. Waktunya Tuhan akan mengembalikan mereka ke Yerualem.  Tuhan akan memelihara dan memberkati mereka dan waktunya akan memberkati anak-cucu mereka menjadi bangsa yang besar. Inilaj janjinpemulihan Tuhan atas bangsa Israel di negeri yang terbuang.

Ada ungkapan "tiada penderitaan yang tidak akhir". Ungkapan ini memastikan bahwa akan ada akhir dari sesi kehidupan yang kita jalani, asalkan bertekun dan tabah menjalaninya dengan  beriman dan setia kepada Tuhan. Sama seperti umat Allah di pembuangan Babel. Pembuanagn Babel adalah masa penempaan dan pemurnian umat Allah. Sama seperti emas tuangan harus dileburkan dalam panas tertentu agar kerak-kerak besi bisa terpisah dari emas murni (Amsal 17:3). Atau mungkin seperti tukang periuk atau tukang tembikar, dibentuk dan dibuat kadang harus dilebur lagi dan dibentuk lagi oleh tukang tembikar seturut kehendaknya. Yeremia 18:6 (TB)  "Masakan Aku tidak dapat bertindak kepada kamu seperti tukang periuk ini, hai kaum Israel!, demikianlah firman TUHAN. Sungguh, seperti tanah liat di tangan tukang periuk, demikianlah kamu di tangan-Ku, hai kaum Israel!

Sahabat yang baik hati! Pembuangan Babel adalah masa pembentukan umat Allah. Dalam masa pembentukan itulah mereka harus tabah mengikuti kehendak Allah. Demikian halnya dalam hidup kita,  jika ada penderitaan jangan berputus asa:  tabahlah dan bersabarlah, Tuhan sedang membentuk kita kepada yang lebih baik.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup anda. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...