Selasa, 26 Juni 2018

POHON DAN KELANGSUNGAN HIDUP MANUSIA


POHON DAN KELANGSUNGAN HIDUP MANUSIA

Selamat pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Rabu, 27/07/2018

Kejadian 2:9a (TB)  Lalu TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi, yang menarik dan yang baik untuk dimakan buahnya;
Genesis 2:9a (RSV)  And out of the ground the LORD God made to grow every tree that is pleasant to the sight and good for food,

Selamat memilih dalam Pilkada di beberapa Provinsi, Kota dan Kabupaten. Pilihlah pemimpin yang anda kenal berwawasan kebangsaan, hati yang melayani rakyat dengan kerja keras. Mungkin kita harus katan say no bagi candidat yang ambisius, msremehkan yang lain dan pengguna issu SARA. Mari pergunakan hak pilih untuk menentukan pemimpin daerah untuk 5 tahun ke depan.

Jika kita membaca kisah penciptaan, manusia ditempatkan pada taman yang indah dan penuh dengan pohon yang menghasilkan buah. Mereka hidup dari buah pohon yang ditetapkan Allah bagi mereka. Taman Eden sering digambarkan sebagai suasana kehidupan paling bahagia, sempurna karena semuanya tersedia, penuh bahagia dan kehidupan yang hanya menikmati kehidupan. Di taman Eden mereka memiliki kebebasan, semua pohon di taman itu boleh mereka makan. Taman ini sengaja diperuntukkan untuk manusia yang diciptakan segambar dengan rupa Allah. Semua itu disediakan Tuhan untuk kelangsungan hidup manusia. Sekalipun ada kebebasan namun ada juga satu perintah Tuhan bahwa buah dari pohon pengetahuan yang baik dan jahat yang berada di tengah taman tidak boleh mereka makan. Manusia gagal melakukan perintah Allah, kebebasannya tidak digunakan dengan ketaatan kepada sang pencipta. Mereka jatuh kedalam dosa dan pelanggaran dan konsekwensinya diusir dari taman Eden. Diusir dari Eden maauk dalam suatu kehidupan yang penuh dengan tantangan, jerih juang dan kerja keras.
Sekarang marilah kita kembali kepada nats ini, sungguh begitu indah mengingatkan kita akan arti pohon dalam hidup manusia. Alam yang diciptakan Tuhan begitu indah, memiliki fungsi masing-masing yang berguna dan bermanfaat pada lingkaran dan mata rantai kehidupan. Setiap mahluk hidup baik tumbuhan, maupun hewan menjadi satu ekosistem yang saling membutuhkan, dan saling memberikan kehidupan bagi lainnya.

Renungan ini menerangkan peran pohon dalam hidup manusia dan sekaligus juga agar menjadi pohon yang bernuah bagi kehidupan sesama. Tuhan menumbuhkan pohon yang menghasilkan buah yang menarik dan baik untuk dimakan buahnya. Ini suatu rencana Tuhan bagi manusia. Manusia adalah konsumen tanaman (herbivora) dan juga pemakan daging (karbivora) karena membutuhkan unsur gizi dan protein serta zat lainnya. Jika kita telisik lebih dalammakan peran tumbuhan, pohon bukan hanya produktif dari buahnya saja, namun pohon menjadi produsen atas Oksigen (O2) yang dibutuhkan manusia, daunnya yang gugur menjadi humus yang mendatangkan keauburan bagi tanah.

Dunia kita sekaran ini, sangat merasakan apa yang disebut dengan Climate Change atau perubahan iklim, salah satunya adalah produktifnya manusia menghasilkan C02 dan berbagai polusi lainnya, sementara pohon yang berbuah dan pohon lainnya terus ditebang sehingga keseimbangan alam berubah. Dulu daerah-daerah yang kita kenal dingin sekarang harus membutuhkan mesin pendingin. Salah satu kerusakan lingkungan yang kita alami, berdampak juga bagi kita. Itu suatu multi efek dari kerusakan lingkungan sehingga kita semakin berlelah demi mencapai apa yang kita butuhkan.

Sekarang apa yang kita perbuat? Sahabat yang baik hati renungan ini menjadi inspirasi bagi kita, bahwa Tuhan telah menyediakan kebutuhan kita lewat ciptaannya. Berkaitan dengan pohon, sebagai tanggungjawab kita memperlambat climate change marilah dalam setiap lahan yang ada kita tanam pohon  yang produktif, pohon yang dapat menghasilkan buahnya bagi kita dan kesejukan bagi alam. Orang beriman dilambangkan seperti pohon (Mazmur 1:1-3). Yesus juga menyebutkan bahwa kita dipanggil dan dipilih untuk menghasilkan buah yang manis bagi sesama dan masyarakat (Yoh 16:15).

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...