Senin, 11 Juni 2018

MERASAKAN PENYATAAN ALLAH

MERASAKAN PENYATAAN ALLAH

Sahabat yang baik hati! Marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Selasa, 12/06/2018

Kisah Para Rasul 14:17 (TB)  namun Ia bukan tidak menyatakan diri-Nya dengan berbagai-bagai kebajikan, yaitu dengan menurunkan hujan dari langit dan dengan memberikan musim-musim subur bagi kamu. Ia memuaskan hatimu dengan makanan dan kegembiraan."

Acts 14:17 (RSV)  yet he did not leave himself without witness, for he did good and gave you from heaven rains and fruitful seasons, satisfying your hearts with food and gladness."

Para teolog membagi dua jenis penyataan Allah: penyataan umum dan penyataan khusus. Penyataan umum adalah Allah menyatakan diriNya dan kehendakNya kepada manusia lewat alam ciptaan dan para hamba-hambaNya. Sedangkan penyataan khusus adalah Allah menyatakan diri kepada manusia di dalam diri Yesus Kristus. Kedua makna penyataan ini menjelaskan bahwa Allah itu benar-benar hadir dalam kehidupan manusia. Tuhan campur tangan dan memasuki sejarah atau pengalaman real manusia.

Nats renungan kita di pagi hari ini merupakan bahagian dari pengajaran Paulus tentang penyataan umum di tengah-tengah orang Listra. Di Listra Paulus menyembuhkan seorang yang lumpuh sejak lahir (Kis 14:8,10). Apa yang dilakukan oleh Paulus merupakan mujizat yang sangat mengherankan penduduk Listra sampai-sampai Paulus dan Barnabas disambut seperti dewa; Barnabas dianggap sebagai Zeus dan Paulus sebagai Hermes (Kis 14:12). Paulus menolak penyambutan seperti itu, Paulus menegaskan dirinya hanya manusia biasa yang sama dengan penduduk Listra, karena itu tidak usah disambut dengan berlebihan.  Orang-orang Listra percaya kepada dewa-dewa, Pada kesempatan yang sama Paulus menjelaskan Injil Yesus Kristus.  Allahlah yang kita sembah yang telah menyelamatkan kita di dalam diri Yesus Kristus. Allah itu telah menyatakan diri lewat berbagai kebajikan dalam manusia, leaat ciotaanNya dan lewat apa yang kita alami dalam hidup.

Paulus menjelaskan tentang penyataan umum agar dan mereka dapat lebih mudah menerimanya. Semua kita mengenal Allah karena perbuatanNya dalam hidup kita. Tuhan menyatakan diriNya melalui kebajikan, segala kebaikan yang kita nikmati dalam hidup ini seperti: pangan, papan, sandang dan kesehatan serta segala hal baik yang kita dapatkan bersumber dari Allah yang mengasihi kita. Tuhan adalah pencipta, pemelihara dan pemberi/penjami  kebidupan kita. (Band penjelasan M. Luther tentang Pengakuan Iman Rasuli Bagian Pertama). Penjelasan sederhana Paulus ini penting bahwa Allah telah mereka kenal lewat apa yang mereka rasakan.  Tuhan mendatangkan hujan dari langit sehingga pertanian kita subur dan Tuhan mengatur musim sehingga kita menikmati segala karunia lewat berbagai keadaan alam yang kita rasakan. Tuhan juga mencukupkan kebutuhan kita lewat makan yang disediakan Tuhan bagi kita.
Segala apa yang baik bersumber dari Tuhan dan kasihNya yang paling besar adalah keselamatan di dalam diri Yesus Kristus.

Sahabat yang baik hati! Dengan renungan di pagi ini kita diajak untuk semakin merasakan kasih dan perbuatan Tuhan dalam hidup kita lewat apa gang kita terima, kita rasakan dan kita alami dalam hidup ini. Allah menyatakan dirinya bukan dengannperistiwa mujizat-mujizat yang sangat langkah tetapi penyataan Allah dapat kita rasalan lewat apa yang kita terima dalam aktifitas sehari-hari. Dengan oandangan ini juga kita semakjn menyadari bahwa segala kebaikan dan sukacita  yang kita rasakan bukanlah karena budi baik kita, tapi karena kasih Tuhan pada kita. Jika kita hitung satu persatu tentu begitu banyak berkatNya. Reff KJ 439 menyebutkan:
Berkat Tuhan, mari hitunglah,
kau 'kan kagum oleh kasihNya.
Berkat Tuhan mari hitunglah,
kau niscaya kagum oleh kasihNya

Mari semakin bersyukur dan semakin mendekatkan diri kepadaNya.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan mendatangkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...