Rabu, 20 Juni 2018

HUKUMAN TUHAN ATAS ASYUR


HUKUMAN TUHAN ATAS ASSYUR
(Asyur Akan Hancur)

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Kamis, 21/06/2018
Yesaya 31:8 (TB)  Asyur akan rebah oleh pedang, tetapi bukan pedang orang, dan akan dimakan habis oleh pedang, tetapi bukan pedang manusia; mereka akan melarikan diri terhadap pedang, dan teruna-terunanya akan menjadi orang rodi.
Isaiah 31:8 (RSV)  "And the Assyrian shall fall by a sword, not of man; and a sword, not of man, shall devour him; and he shall flee from the sword, and his young men shall be put to forced labor.
Nats renungan di pagi hari ini merupakan isi Nubuatan nabi Yesaya akan negara Assyur. Assyur adalah negara adikuasa yang telah menahlukkan beberapa negara-negara termasuk Israel Utara. Penahklukan itu dilakukan tahun 720 SM diibawah pimpinan Raja  Sanherib. Setelah menahlukkan Israel Utara, raja Sanherib melakukan intimidasi dan ancaman terhadap Raja Hizkia yang memimpin Yehuda (Baca 36:+dyb) bahkan lewat juru minum raja Assyur memaksa Hizkia untuk tunduk pada Assyur yang telah mengepung Yerusalem. (Bacalah Yeaaya 36-37 dialog Assyur dengan Hizkia)
Keadaan sulit ini membuat raja Yehuda berpikir apakah akan tunduk dibawah tekanan raja Assyur atau meminta bantuan kekuatan asing melalui kerjasama berkoalisi angkatan perang kepada Mesir untuk menghadapi Assyur. Bagi nabi Yesaya dan nabi lainnya sangat menentang koalisi. Koalisi adalah bukti ketidak percayaan kepada Tuhan semesta alam, yang kuat dan gagah perkasa. Selain ketidak percayaan kepada kekuasaan  Tuhan, menurut nabi Yesaya, koalisi akan berdampak buruk, karena akan memdatangkan baal memasuki wilayah Yehuda dan segala konsekwensinya. Bagi nabi Yesaya hal yang seharusnya dilakukan adalah pertobatan. Yesaya 31:6-7 (TB)  Bertobatlah, hai orang Israel, kepada Dia yang sudah kamu tinggalkan jauh-jauh! Sungguh pada hari itu kamu masing-masing akan membuang berhala-berhala peraknya dan berhala-berhala emasnya yang dibuat oleh tanganmu sendiri dengan penuh dosa.
Bagi Yesaya seluruh ancaman dan intimidasi negara asing dan kekuatiran Yehuda hanya akan dapat diatasi jika ada restorasi umat Allah. Argumentasi Yesaya menolak koalisi antar bangsa dapat kita temukan dalam pasal 31.  Memgenai Mesir Yesaya 31:3 (TB)  "Sebab orang Mesir adalah manusia, bukan allah, dan kuda-kuda mereka adalah makhluk yang lemah, bukan roh yang berkuasa. Apabila TUHAN mengacungkan tangan-Nya, tergelincirlah yang membantu dan jatuhlah yang dibantu, dan mereka sekaliannya habis binasa bersama-sama."
Mengenai Assyur, Yesaya  menubuatkan lihat Yesaya 31:8 (TB)  "Asyur akan rebah oleh pedang, tetapi bukan pedang orang, dan akan dimakan habis oleh pedang, tetapi bukan pedang manusia; mereka akan melarikan diri terhadap pedang, dan teruna-terunanya akan menjadi orang rodi."
Pada ayat ini disebutkan Assyur akan rebah oleh pedang, akan habis oleh pedang dan teruna mereka lari dari pedang dan menjadi orang rodi amun pedang yang dimaksud bukan oleh pedang manusia. Jika demikian pedang apa yang akan merebahkan dan menghabiskan Assyur? Yesaya memberitahukan kekuatan firman yang lebih tajam dari pedang bermata dua. Kuasa firman lebih berkuasa dari segalanya, oleh firman segala sesuatu diciptakan oleh Tuhan. Band Ibrani 4:12 (TB) "Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita."
Sahabat yang baik hati! Kita harus semakin percaya akan kuasa firman, firman lebih kuat dari segala ancaman dannapa yangbpaling kita takuti. Mari semakin percaya akan kuasa firman Tuhan sebagai pelindung dan benteng keselamatan bagi kita dari setiap ancaman, tekanan dan usaha orang lain yang menjatuhkan kita. 
Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin
Salam
#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...