Kamis, 28 Juni 2018

HUJAN, KESUBURAN DAN KEMAKMURAN

HUJAN, KESUBURAN DAN KEMAKMURAN

Selamat Pagi! sahabat yang baik hati marilah menggunakan waltu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Jumat 29/06/2018

Zakharia 10:1 (TB)  Mintalah hujan dari pada TUHAN pada akhir musim semi! TUHANlah yang membuat awan-awan pembawa hujan deras, dan hujan lebat akan diberikan-Nya kepada mereka dan tumbuh-tumbuhan di padang kepada setiap orang.

Zechariah 10:1 (RSV)  Ask rain from the LORD in the season of the spring rain, from the LORD who makes the storm clouds, who gives men showers of rain, to every one the vegetation in the field.

Hujan adalah pemberian Tuhan yang sangat berharga bagi ciptaan. Hujan terjadi dengan siklus alami yang diatur Tuhan dan tiada hentinya. Demikian sinar mentari memberikan kehidupan bagi seluruh mahluk ciptaan. Semuanya diatur Thhan menurut siklusnya. Khusus mengenai hujan,  marilah kita perhatikan hijau tanaman: curah hujan sangat berbeda dengan siraman air yang kita buat setiap hari. Jauh lebih segar.   Tanaman membutuhkan hujan, sebaliknya apa yang akan terjadi jika hujan tak turun? Akan kering, tanaman pun akan layu dan mati. Kalau tanaman mati tentu siklus kehidupan berikutnya pun ikut merasakannya. Tuhan pernah menghukum Israel jaman raja Ahab dimana hujan tidak akan turun atas Israel, agar Raja Ahab dan isterinya Izebel mengetahui bahwa kesuburan bukan pemberian baal dewa asyera yang dia sembah dan puja-puja. Tetapi Hujan dan kesuburan datang dan bersumber dari Allah Israel.

Renungan hari ini juga berkaitan dengan hujan. Zakaria menyampaikan kepada umat Allah yang dipulihkan Allah memohon hujan, karena hujan yang turun akan mendatangkan kemakmuran bagi mereka. Hujan akan memberikan kesuburan dan pertumbuhan yang baik bagi tanaman mereka. Tumbuhan yang bertumbuh baik akan menghasilkan makanan bagi ternak, tersedianya air bagi kebutuhan mereka. Hujan yang membasahi bumi akan mendatangkan pertumbuhan yang baik bagi pertanian dan segala dampak baiknya bagi mahluk hidup sehingga mereka bisa menikmati hasil panen yang melimpah.  Jika hasil panen melimpah, ternak bertumbuh dengan baik tentu akan mendatangkan kemakmuran dan kesejahteraan umat Allah. (Band. umpasa orang Batak: gabe na niula, sinur pahanpahanan. Terj=tanaman menghasilkan panen lebat dan ternak pun gemuk). Suatu ungkapan kemakmuran karena apa yang dikerjakan diberkati dan mendatangkan hasil.

Ada hal menarik disini dari apa yang disampaikan oleh Zakaria agar Israel meminta hujan. Disini hendak dijelaskan bahwa berkat itu datang bukan bentuk jadi tetapi melalui suatu proses, dimana kita mengerjakan pekerjaan dengan mengolah ladang dan Tuhan memberkati dengan mendatangkan hujan yang menyuburkan tanah sehingga ladang menghasilkan panen yang melimpah. Panen yang melimpah tentu menjadi kemakmuran bagi mereka.  Zakharia 9:16-17 (TB)  TUHAN, Allah mereka, akan menyelamatkan mereka pada hari itu; seperti kawanan domba umat-Nya itu, sungguh, mereka seperti permata-permata mahkota yang berkilap-kilap, demikianlah mereka di tanah TUHAN.  Sungguh, alangkah baiknya itu dan alangkah indahnya! Teruna bertumbuh pesat karena gandum, dan anak dara karena anggur.

Zakaria memberikan bahwa kemakmuran dan kesejahteraan bersumber dari Tuhan. Tuhanlah yang memberkati ladang dan ternak mereka.

Sahabat yang baik hati! Apa yang disampaikan Zakharia pagi ini adalah bahwa sumber kemakmuran dan kesejahteraan adalah bersumber dari Tuhan. Tuhan  mengatur siklus dengan baik, menyuburkan tanah sehingga tumbuhan dan tanaman memberikan pertumbuhan yang baik dan hasil panen yang melimpah. Hal kedua Zakharia memberikan pelajaran, berkat itu tidak datang dengan sendirinya tetapi kita akan mengerjakan apa yang kita doakan dan mendoakan apa yang kita kerjaka. Seperti hujan bagi petani, hujan tidak ada gunanya kalau lahan tidak diolah dan dikerjakan, hujan akan sia sia.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...