Senin, 18 Juni 2018

TUHAN MENYEDIAKAN KEBUTUHAN MANUSIA

TUHAN MENYEDIAKAN KEBUTUHAN MANUSIA

Selamat Pagi! Sahabatbyang baiknhati, marilah menggunakan waktu sejenak di oagi hari ini untjk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dannmotivasi bagi kita. Selasa, 19/06/2017

 Kejadian 1:29 (TB)  Berfirmanlah Allah: "Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.

Genesis 1:29 (RSV)  And God said, "Behold, I have given you every plant yielding seed which is upon the face of all the earth, and every tree with seed in its fruit; you shall have them for food.

Tuhan adalah perencana unggul dan paling sempura.  Terinspirasi dari kisah Penciptaan, Stephen R Covey mengutip kisah penciptaan sebagai dasar perencanaan dalam bukunya yang sangat terkenal "Seventh Habit." Nampakanya dalam buku leadership buku ini lama menjadi buku yang panduan bagi para peminpin.  Jika kita membaca dan menelusuri kisah penciptaan Allah benar-benar merencanakan secara matang akan urutan-urutan penciptaan; alam semesta aman segala isinya dan puncaknya adalah penciptaan manusia. Puncak penciptaan pada manusia yang diciptakan segambar dengan rupa Allah. Allah memberkati dan memberikan mandat  bagi manusia untuk beranak cucu, menahlukkan dan memelihara bumi serta memberikan kepada manusia pengelolaan alam untuk memenuhi kebutuhannya.

Ayat 29 ini adalah pemberian mandat bagi manusia untuk menikmati ciptaan Tuhan memenuhi kebutuhannya. Kelangsungan Manusia yang diciptakan Allah itu diikuti dengan ketersediaan bahan makanan yang disediakan Tuhan lewat ciptaannya. M. Luther menjelaskan ini pada arti pengakuan iman rasuli bagian pertama. Aku percaya kepada Allah Bapa, pencipta khalik dan bumi sekaligus kita mempercayai Allah mencipta, memperlengkapi tubuh dan memelihara hidup kita dengan disediakannnya makanan, sandang dan apa saja yangbkita buruhkan dalam hidup ini. Oleh sebba itu kita senantiasa bersyukur kepada Tuhan.

Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan! Manusia pertama yang diciptakan oleh Allah terkesan seolah manusia pertama ini dipersiapkan oleh Allah untuk menikmati makanan dari tumbuhan (vegetarian). Namun setelah Nuh, Tuhan menyerahkan segala mahluk hidup yang bergerak untuk memenuhi kebutuhan manusia.  Kejadian 9:2-3 (TB)  Akan takut dan akan gentar kepadamu segala binatang di bumi dan segala burung di udara, segala yang bergerak di muka bumi dan segala ikan di laut; ke dalam tanganmulah semuanya itu diserahkan. Segala yang bergerak, yang hidup, akan menjadi makananmu. Aku telah memberikan semuanya itu kepadamu seperti juga tumbuh-tumbuhan hijau.

Sahabat yang baik hati. Inilah keyakinan kita hingga kini bahwa Tuhan telah menciptakan alam ini menyediakan kebutuhan manusia. Maka manusia harus mengelola alam ini dengan baik kelangsungan hidup kita dengan mata rantai kehidupan yang Tuhan berikan tetap terpelihara.

Banyak diskusi akan krisis pangan akhir-akhir ini, populasi manusia yang semakin meningkat sementara kebutuhan makanan dan energi bagi manusia semakin menipis. Disinilah umat manusia harus menafsirkan ulang akan makna firman ini, manusia mengelola hidup dengan segala kebutuhannya yang disediakan Tuhan. Yang pasti Tuhan menyediakan kebutuhan hidup segala mahluk dan menjamin kelangsungan  hidup manusia dengan apa yang disediakan Tuhan bagi kita.

Marikah kita bersyukur atas segala kebutuhan yang sudah persiapkan bagi kita. Dalam mensyukuri hidup ini, kita hendaknya diperlengkapi untuk menyadari mandat ilahi memelihara kelangsungan hidup ini sampai kedatangan Kristus yang kedua.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup anda. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...