Selasa, 05 Juni 2018

DIAM DI TANAH PERJANJIAN

DIAM DI TANAH PERJANJIAN
Negeri Yang Dipelihara Tuhan

Sahabat yang baik hati! Marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Rabu, 06/06/2018

Ulangan 11:11-12 (TB)  Tetapi negeri, ke mana kamu pergi untuk mendudukinya, ialah negeri yang bergunung-gunung dan berlembah-lembah, yang mendapat air sebanyak hujan yang turun dari langit;
suatu negeri yang dipelihara oleh TUHAN, Allahmu: mata TUHAN, Allahmu, tetap mengawasinya dari awal sampai akhir tahun.

Deuteronomy 11:11-12 (RSV)  but the land which you are going over to possess is a land of hills and valleys, which drinks water by the rain from heaven,
a land which the LORD your God cares for; the eyes of the LORD your God are always upon it, from the beginning of the year to the end of the year.

Tanah Kanaan adalah negeri perjanjian yang ditunjukkan Allah kepada Abraham (Baca Kej 12:2). Hal ini sangat unik, karena sekalipun Abraham masih seorang peggembara namun dia sudah memiliki suatu harapan akan adanya suatu negeri yang akan didiami oleh anak cucunya.
Kata Kanaan dalam kata Ibrani berarti tanah Datar. Dalam Alkitab pertama sekali disebutkan dalam Kej 9:18 tanah bagi Nuh dan anak-anaknya. Namun berikutnya Kanaan menunjukkan suatu wilayah dari pesisir Syria sampai ke lembah Yordan. Karena daerah ini daerah datar, tanah ini sangat subur. Berulang-ulang dalam alkitab disebutkan tanah ini adalah tanah perjanjian yang penuh susu dan madu. Ulangan 11:9 (TB)  "dan supaya lanjut umurmu di tanah yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu untuk memberikannya kepada mereka dan kepada keturunan mereka, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya."

Bagaimana Tanah Kanaan bisa sesubur itu? Renungan hari ini menjelaskan bahwa curah hujan banyak selain itu negeri ini adalah negeri yang dipelihara dan yang diawasi oleh Tuhan. Kanaan telah ada sekalipun Abraham sebagai peggembara. Dia masih sebatang kara namun visinya jauh ke depan akan diberkati menjadi bangsa yang besar. Tidak ada bagi bani Israel tempat kediaman selain tanah Kanaan. Sekalipun mereka berhasil di perantauan dan di negeri orang namum baginya negeri adalah tanah perjanjian yaitu Kanaan.

Setiap Orang Israel memiliki ikatan batin dengan Kanaan, karena kepada leluhur mereka tanah Kaaan diarahkan, setiap suku-suku Israel memilikinya dengan ditetapkan melalui undi jaman Yosua. Setiap tanah pembagian dari setiap suku-suku Israel ditetapkan sebagai pusaka. Itulah sebabnya bagi seorang Yahudi tidak akan pernah menjual tanah sejengkal pun karena tanah itu milik Allah yang diberikan sebagai milik pusaka.

Dari segi geografis, sulit diterima bahwa Kanaan adalah daerah subur. Karena daerah ini berbukit, lereng dan berbagai tanah berbatu. Namun mengapa disebut dengan daerah yang subur dan melimpah madu dan susu? Karena Tuhan memberkati tanah ini. Orang Isrsel modern telah mengelola pertanian canggih yang disebut dengan pertanian NETAFIM sehingga menjadi negara pengekspor buah dan produk pertanian ke berbagai belahan dunia. NETAFIM adalah sebuah produk teknologi micro irigasi sistem tetes. yang menggunakan selang selang kecil, yg di taruh di tanah dan mampu meneteskan air dan pupuk cair kepada tanaman dengan takaran yg tepat dan efesien sesuai dengan usia tanaman tersebut. Tentu masih banyak lagi alat pertanian yang canggih produk Israel untuk mengolah tanah Kanaan produktif bagi mereka.

Sahabat yang baik hati! Tanah Kanaan adalah tanah perjanjian, tanah yang dijanjikan sejak leluhur mereka Abraham, Ishak dan Yakub. Tanah ini telah dipelihara dan diberkati Tuhan serta dapat memberikan penghidupan yang melimpah bagi  umat Israel. Dari segi konstruksi tanah, tanah Kanaan adalah tanah gersang, berbatu dan kering. Namun Tuhan telah memberkati orang Israel dengan tehnologi yang mereka miliki mengolahnya menjadi tanha yang sangat subur dan produktif.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...