Jumat, 01 Juni 2018

PENGENALAN TEPAT DAPAT BERKAT


PENGENALAN TEPAT DAPAT BERKAT

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah kita menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Sabtu, 02/06/2018

Matius 16:17 (TB)  Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.
Matthew 16:17 (RSV)  And Jesus answered him, "Blessed are you, Simon Bar-Jona! For flesh and blood has not revealed this to you, but my Father who is in heaven.

Kalau boleh saya gambarkan saat ini Indonesia mengalami "demam polling".   Berbagai lembaga survey membuat hasil polling pada pilkada dan pilpres. Polling ini hendak menawarkan suatu asumsi seberapa besar dukungan masyarakat atas satu pasangan calon pemerintah daerah kota, kabupaten dan gubernur. Bahkan yang tidak kalah serunya adalah polling Capres dan Cawapres di 2019. Lembaga-lembaga survey ini tentu didasarkan oleh motivasi dari berbagai lembaga survey dengan dasar asumsi dan opini masyarakat. Ada lembaga survey bertujuan memperkenalkan tokoh tertentu pada masyarakat, survey menjadi dalil promosi diri. Disini harus disadari bahwa lembaga survey adalah corong dari suatu candidat. Namun ada juga yang obyektif dengan menekankan opini masyarakat secara obyektif. Dengan metodologi yang obyektif;   opini masyarakat umumnya terjadi tentu didasarkan pada pengenalan mereka terhadap tokoh. Pengenalan yang tepat akan mendatangkan berkat karena memilih pemimpin yang tepat, sebaliknya jika salah mengenal akan salah  menentukan pilihan dampaknya akan mengecewakan.

Renungan di pagi hari ini berkaitan pengenalan dan pengakuan yang benar gentang Yesus Kristus.  Yesus membuat semacam evaluasi sejauh mana pengenalan orang banyak dan murid-muridNya mengenal Yesus. Yesus membuat pertanyaanpertama adalah: "kata orang siapakah Anak Manusia?". Orang banyak gagal mengenal Yesus Kristus, jawaban umum adalah Yohanes Pembaptis atau salah seorang dari nabi. Kegagalan mengenal Yesus karena mereka datang untuk memenuhi kebutuhan mereka: mujizat, kesembuhan dll.

Kemudian Yesus melanjutkan: "tetapi kata kamu, siapakah Aku ini?" Petrus menjawab: Matius 16:16 (TB)  Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"  Jawaban Petrus ini adalah pengenalan dari pengalamannya tentang apa yang dia lihat, dan disaksikan terhadap yang dilakukan Yesus: pengajaran, kotbah dan mujizat-mujizat. Dari semua itu di menyimpulkan bahwa Yesus bukanlah hanya salah seorang dari nabi atau tokoh tersohor di masyarakat. Namun Yesus adalah Mesias Anak Allah. Yesus adalah pemenuhan janji keselamatan yangvtekah lama-dinanti-nantikan oleh umat Allah.

"Berbahagialah Engkau Simon bin Yunus". Pengenalan yang benar dan obyektif akan mendapat berkat. Yesus merespon jawaban Petrus ini dengan memberkati Petrus. Berbahagialah engkau. Siapa saja yang berbahagia? Orang yang mengenal Yesus Kristus dengan sungguh-sungguh. Lebih dalam lagi, Yesus memberitahukan dalam pengenalan yang benar Allah bekerja di dalam diri seseorang.

Pengenalan dan pengakuan  yang benar akan Yesus Kristus, Simon Petrus diberi kepercayaan. Yesus mendirikan jemaatnya diatas dasar pengenalan dan pengakuan Yesus Kristus sebagai Mesias Anak Allah. Matius 16:18-19 (TB)  Dan Aku pun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."

Sahabat yang baik hati! Pengenalan dan pengakuan kepada Yesus Kristus sebagai Mesias Anak Allah yang menyelamatkan manusia  mendapat berkat dan bahagia. Bahagian yang kita peroleh bukanlah sesaat atau temporer. Berkat dan bahagia yang kita peroleh adalah kehidupan kekal selama-lamanya. Marilah tetap memelihara iman yang teguh di dalam diri Yesus Kristus sampai kedatangannya kelak.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...