Rabu, 16 Desember 2020

TERBESAR DI DUNIA, TERKECIL DALAM KERAJAAN SORGA

 FIRMAN TUHAN SUMBER HIDUP

Kekuatan, Insiparsi dan Motivasi

Kamis 7 Desember 2020


TERBESAR DI DUNIA, TERKECIL DALAM KERAJAAN SORGA.


Selamat, pagi sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan.


Mateus 11: 11 (LAI) “Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya.


Mateus 11 : 11 (KJV) Verily I say unto you, Among them that are born of women there hath not risen a greater than John the Baptist: not with standing he that is least in the kingdom of heaven is greater than he. 


Saudara-saudari salam kasih kebenaran dalam Allah perancang kehidupan kita. Hari ini adalah hari yang ke 17 dalam bulan Desember tahun 2020, hari yang ke 352 di tahun 2020 dan tinggal 14 hari lagi mengakhiri tahun 2020, jika kita menghitung dalam hari, jam, menit, dan detik sesungguhnya kita sangat bersyukur kita masih diberi nafas kehidupan dan kesehata, sekalipun bermacam pergumulan kehidupan yang datang menghampiri kehidupan pribadi lepas pribadi, kita bersyukur masih boleh mendengarkan dan merenungkan firman Allah. Firman Allah kita percayai memberikan kekuatan kepada setiap orang yang mendengar, firman Allah memberikan kita pengajaran/tuntunan hidup akan apa yang harus kita lakukan dimasa kini dan masa depan. 


Renungan hari ini menceritakan sebuah pengakuan yang sangat jelas, transparan dari Yesus sendiri akan sosok Yohannes pembabtis”. Yesus dengan tegas memberitakan siapa Yohannes Pembabtis dalam rencana Allah untuk keselamatan dunia sangat besar dan merupakan terbesar dari semua manusia yang lahir dari rmperempuan. Yesus mengatakan “Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya.” Apa yang terbesar di dunia ini, masih yang terkecil dalam Kerajaan sorga. Dalam hal ini ungkapan Yesus dan proklamasinya tentang Yohannes Pembaptis harus dilihat dalam konteks kerajaan dan misi Allah, bukan dalam konteks politik pada masa itu. Karena hal yang besar dan kuat pada masa itu dianggap sebagai pemberontak bagi kerajaan Romawi yang memerintah dan berkuasa pada saat itu.  


Kata kunci yang terkecil dalam Kerajaan sorga lebih besar dari padanya” memiliki peran yang sangat besar dan penting. Di kerajaan sorga, semua kriteria mengenai kebesaran dan keagungan berubah. Jika dunia ini umumnya menganggap penguasa, orang kaya dan berpengaruh menjadi orang besar, namun di dalam Kerajaan Sorga merupakan terkecil. Orang-orang besar, dunia tidak ada apa-apanya dengan pandangan sorgawi yang melihat orang-orang kecil, lemah, dan berjauang untuk hidup serta melakukan kehendak Allah mendapat tempat terhormat dalam kerjaan sorga. Hal ini mau.menekankan bahwa di dalam kerajaan allah manusia harus mengosongkan dirinya dihadapan Allah. Karena segala predikat yang kita miliki di dunia ini tidak berarti apa-apa dalam Kerajaan Allah. Pernyataan Yesus ini sekaligus mau menyampaikan agar setiap orang mencari dan mendahulukan Kerajaan Sorga.


Dengan demikian Yesus sendiri mengakui bahwa peran Yohannes pembabtis sangatlah luar biasa memperknalkan kerajaan Allah yang akan hadir ditengah-tengah dunia yang pada saat itu menderita/sampai saat ini, Yohannes adalah perintis pemberita mengenai datang kerajaan Allah, kerajaan Allah yang membawa damai, kesejahteraan dan sukacita. Posisi Yohannes pembabtis adalah seperti titik temu perjanjian Lama dan perjanjian baru, karena itu dialah nabi yang terbesar.


Kebesaran kenabian Yohannes juga bukan karena dia telah melakukan hal-hal yang besar dalam pelayanannya, sekalipun Yohannes Pembabtis adalah martir pertama yang mati karena pemberitaan firman dan kerajaan Allah (Mateus 14: 1-12), dia pada masa itu dia dipenjara karena dengan keras menegur Herodias dan akhirnya kepalanya dipenggal. Suara kenabian Yohannes masih tetap terdengar, pengganapan janji Allah yang dia suarakan telah nyata dalam diri Yesus, Yesus yang di beritakan oleh Yohannes pembabtis telah hadir ditenga-tengah kehidupan orang Israel dan ditengah-tengah kita.


Sahabat yang baik hati! Memang tidak gampang untuk menyatakan kebenaran dan rencana Allah yang mau dilakukanNya dalam dunia, banyak orang pesimis mau mendengarkanya, banyak orang yang tidak mau lagi mendengarkannya, bahkan banyak orang yang benci kepada orang-orang yang memperdengarkan tentang Kerajaan Allah, tetapi jangan pernah berhenti dan takut akan semua hambatan yang datang kepada kita. Rencana Allah tidak akan pernah dihambat oleh apapun, kekuatan dunia tidak akan mampu menghancurkan rencana Allah, rencana Allah akan terwujud, yang dibutuhkan adalah pengorbanan kita, ketulusan kita, kerendahan hati (haserepon), dan yakinlah kita akan mendapat upah yang besar di kerjaan Allah. Mencapai prestasi terbaik dan terbesar di dunia ini adalah baim, namun alangkah lebih baik jika mencari dan mendahulukan Kerajaan Sorga.


Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin


Salam: Tim Page Pdt Nekson M Simanjuntak - RS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...