Kamis, 10 Desember 2020

JANGAN TAKUT

 FIRMAN TUHAN SUMBER HIDUP

Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi

Jumat, 11 Desember 2020


“JANGAN TAKUT!”


Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan:


Wahyu 1:17 (TB)  Ketika aku melihat Dia, tersungkurlah aku di depan kaki-Nya sama seperti orang yang mati; tetapi Ia meletakkan tangan kanan-Nya di atasku, lalu berkata: "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir,


Revelation 1:17 (KJV)  And when I saw him, I fell at his feet as dead. And he laid his right hand upon me, saying unto me, Fear not; I am the first and the last:


Apakah kamu pernah takut? Tentu ya. Setiap orang tentu pernah merasa takut dalam hidupnya. Takut adalah suatu perasaan gentar dalam menghadapi sesuatu yang dianggap akan mendatangkan bencana, merasa gelisah dan khawatir. Mungkin kita pernah takut mati, sakit, gagal, rugi, dikecewakan, dan sebagainya. Plato mengatakan bahwa kita harus memiliki keberanian dalam hidup. Keberanian adalah mengetahui apa yang tidak perlu ditakuti. Jadi, jangan pernah takut dalam menghadapi segala sesuatu yang tidak perlu kita takuti. 

Yohanes mendapatkan suatu penglihatan yang sangat mulia di Pulau Patmos, dimana dia telah melihat kemuliaan Tuhan. Perasaan Yohanes melihat kemuliaan Tuhan sama seperti orang yang mati yang tersungkur di kakiNya (ay.17). Yohanes melihat suatu penglihatan yang sungguh sangat luar biasa sehingga membuatnya takut. Ia melihat Yesus dalam kemuliaan. Seharusnya, Yohanes bersukacita, bersyukur dan memuji Tuhan, tetapi ternyata ia menjadi takut. Mungkin kita juga sering dipenuhi rasa takut dalam hidup kita. Apalagi pada masa Pandemi Virus Corona Desease (Covid 19) ini, banyak orang menjadi takut. Takut keluar rumah, takut beraktifitas, takut jatuh sakit, dan yang paling ditakuti adalah kematian. 

Firman Tuhan pada hari ini mengingatkan kita agar tidak takut. Mengapa? Firman Tuhan memberikan alasan pasti mengapa kita tidak perlu takut, yaitu karena sbb:

*1. Allah adalah Alpha dan Omega*

Artinya: Yang awal dan yang akhir. Dialah Tuhan yang berasal dari kekekalan sampai pada kekekalan/selama-lamanya. Tidak ada yang abadi, hanya Dialah yang kekal sampai selama-lamanya. Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu (Matius 24:35). Kitab Wahyu menyaksikan kepada kita orang percaya bagaimana Allah menyatakan diriNya dengan tanda maupun simbol-simbol. Firman Tuhan ni menuntun dan mengarahkan kita untuk melihat dan menyaksikan kemuliaan Allah, keagunganNya, keilahian Yesus Kristus sebagai Yang Awal dan Yang Akhir. Ialah sumber kehidupan dan kunci kehidupan kita orang percaya. 


*2. Allah adalah Omni Present*

Artinya:Allah senantiasa hadir di tengah-tengah kehidupan kita, memberkati, menemani, dan menuntun kehidupan manusia dalam berbagai situasi, baik suka maupun duka. Ia senantiasa hadir (omni present) di tengah-tengah kehidupan umatNya dengan kemuliaan dan keagunganNya yang besar.


*3. Allah Maha Kuasa*

Mengapa kita tidak boleh takut? Karena kuasa Allah yang besar dan Dia senantiasa meletakkan tanganNya untuk memberkati kita. Ia menunjukkan kuasaNya dalam kehidupan manusia. Sungguh, betapa mulianya Tuhan itu sehingga Yohanes sampai tersungkur seperti orang mati. Tetapi, Tuhan mengatakan: “Jangan takut!” “Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! (1 Korintus 15:58).

*4. Allah Sumber berkat*

Allah selalu meletakkan tangan kanan-Nya atas orang percaya, tunduk dan yang taat akan FirmanNya. Dia selalu memberkati kita dalam kehidupan sehari-hari. Ia sebagai Sumber berkat tidak pernah membiarkan umatNya kekurangan. BerkatNya selalu melimpah orang orang yang mau berdoa dan bekerja (ora et labora) dan orang yang berkerja dan berdoa (Orare est laborare). 

Oleh karena itu, melalui Firman ini, Tuhan Allah meneguhkan iman kita: Jangan takut! Percayalah kepadaNya, Dialah Sumber keberanian kita dalam menjalani hidup ini. 


Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimoahkan segala kebaikan salam hidup saudara. Amen!


Salam: Tim Page Pdt Nekson M Simanjuntak (RN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...