Jumat, 18 Desember 2020

HIKMAT BERADA DI DALAM BAIT ALLAH

 FIRMAN TUHAN SUMBER HIDUP

Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi

Sabtu, 19 Desember 2020


HIKMAT BERADA DI DALAM BAIT ALLAH!


Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan:


Lukas 2:46-47 (KJV) Sesudah tiga hari mereka menemukan Dia dalam Bait Allah; Ia sedang duduk di tengah-tengah alim ulama, sambil mendengarkan mereka dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada mereka. Dan semua orang yang mendengar Dia sangat heran akan kecerdasan-Nya dan segala jawab yang diberikan-Nya.


Luke 2:46 (KJV) And it came to pass, that after three days they found him in the temple, sitting in the midst of the doctors, both hearing them, and asking them questions.  And all that heard him were astonished at his understanding and answers.


Semua orangtua pasti menginginkan anaknya menjadi seorang yang cerdas dan bijaksana. Dalam mewujudkan itu kita akan mengasuh anak sebaik mungkin dan mengarahkan mereka mengikuti berbagai tempat bimbingan belajar. Karena melalui bimbingan belajar tersebut, anak-anak kita akan dibekali berbagai pelajaran dan pelatihan yang dapat menumbuhkan kemampuan dan pengetahuan mereka. Kita juga akan menyediakan segala kebutuhan untuk menunjang segala proses belajar anak kita, bahkan kita akan rela membayar dengan biaya yang sangat mahal demi anak-anak kita. Maka, biasanya jika anak kita bolos ataupun tidak pergi ke tempat bimbingan belajar tersebut, kita sebagai orangtua akan merasa kecewa dan marah. Namun, mari merenung sejenak, bagaimana jika anak-anak kita tidak pergi ke gereja untuk beribadah? Apakah kita juga akan merasa kesal dan marah?


Firman Tuhan pada hari ini menceritakan tentang Yesus saat umur dua belas tahun rindu untuk datang ke Bait Allah bahkan menyebut Bait Allah sebagai rumah Bapa. Setiap tahun, keluarga Yesus pergi ke Yerusalem untuk beribadah di Bait Allah, seperti yang diperintahkan Allah kepada semua orang Yahudi. Ketika Yesus berusia 12 tahun, keluarganya melakukan perjalanan, dan sedang dalam perjalanan kembali ke Galilea, mereka menyadari Dia tidak bersama mereka! Mereka kembali ke Yerusalem dan mencari-Nya selama 3 hari! Kita pasti bisa membayangkan betapa paniknya Yusif dan Maria sebab Yerusalem adalah sebuah kota besar. Namun mereka akhirnya menemukan Yesus di dalam Bait Allah. Dia belajar dengan ahli-ahli Taurat dan imam di sana. Yesus mengajukan pertanyaan, dan mendengarkan, dan menjawab pertanyaan itu sendiri. Jadi, bahkan pada usia muda, Yesus tahu bahwa mempelajari firman Allah dan melakukan apa yang benar sangat penting. Yesus melakukan hal-hal ini dan Alkitab mengatakan: "Yesus bertambah dewasa dan bijaksana. Ia juga semakin disenangi Allah dan manusia." Ketika kita melakukan apa yang benar, Allah dan manusia akan senang dengan kita.


Sahabat yang baik hati, dunia sekarang berusaha menjauhkan generasi muda dari kehidupan gereja dan kerohanian. Gadgets yang kita miliki adalah saingan kenikmatan model baru dimana seseorang tidak perlu bertemu muka dengan muka. Mereka asyik dengan dirinya sendiri dan game serta aplikasi di dalamnya. Dengan teknologi sekarang dia bisa menikmati bagian-bagian yang mengikat kenikmatan dia dengan gadget itu. Bukan hanya dunia ini, bahkan kita sebagai orangtua sering sekali tidak sadar tentang tanggungjawab kita sebagai orangtua. Setiap orangtua diberikan tanggungjawab untuk memperkenalkan kebenaran Firman Tuhan dan gereja kepada anak-anaknya. Namun yang terjadi malah banyak orangtua yang lebih mementingkan nilai akademis anak-anaknya dibanding nilai spiritualnya. Namun melalui firman ini menyadarkan kita sebagai orangtua akan tanggungjawab mengasuh anak agar dekat dengan Firman Tuhan, memperkenalkan kebenaran Firman kepada anak-anak kita agar mereka memperoleh hikmat dari Allah serta bertumbuh dengan baik dan semakin berhikmat.


Firman ini mengajarkan dan sekaligus mengajak kita agar senantiasa rindu bersekutu di dalam Bait Allah, sebab Bait Allah merupakan salah satu sumber hikmat Tuhan. Sama seperti Yesus yang selalu ingin berada di dalam Bait Allah, demikianlah juga hendaknya dengan kita. Sebab hikmat dari Tuhan senantiasa diajarkan dan diperdengarkan di gerejaNya, maka setiap orang percaya yang senantiasa rindu bersekutu dalam gereja akan lebih berhkmat. 


Sahabatku, Tuhan memberkati Saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin, 


Salam : Tim 12 Renungan Pdt. Nekson M Simanjuntak (PS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...