Selasa, 15 Desember 2020

PEMULIHAN DAN PENGASIHAN TUHAN ATAS UMATNYA

 FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi

Rabu, 16 Desember 2020


PEMULIHAN DAN PENGASIHAN ALLAH ATAS UMATNYA


Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah kita menggunakan waktu di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan.


HOSEA 14: 5

Aku akan memulihkan mereka dari penyelewengan, Aku akan mengasihi mereka dengan sukarela, sebab murka-Ku telah surut dari pada mereka.


Hosea 14:4 (5)

 I will heal their backsliding, I will love them freely: for mine anger is turned away from him.


Pada masa pelayanan nabi Hosea, Bangsa Israel mengalami kehancuran dan kehilangan identitas dibawah naungan Asyur. Bangsa Israel melakukan perbuatan yang tidak berkenan dihadapan Allah, melakukan perbuatan-perbuatan dosa dan hidup menurut kehendaknya sendiri tanpa menghiraukan firman Tuhan. Terlibat dalam penyembahan berhala, penipuan, perzinahan dan sebagainya. Tuhan memakai Nabi Hosea untuk menegur bangsa Israel dengan keras.   


Keadaan bangsa Israel demikian benar seperti ungkapan yang mengatakan bahwa penyesalan selalu datang terlambat. Sejajar dengan itu dalam ungkapan orang Batak disebutkan “Unang sumolso dipudi, ai ndada sipaingot na so ada”. Dalam perjalanan hidup, kita tidak terlepas dari nasihat, semuanya itu bertujuan untuk mendapat yang terbaik. Manusia sering melakukan kesalahan yang memang dari awal sudah diketahui bahwa yang dilakukan itu tidak baik, tetapi tetap saja dilakukan. Yang pada akhirnya terjadilah penyelasan, ya penyelasan memang selalu datang terlambat. Walau penyesalan datangnya terlambat, masih lebih baik dibandingkan tidak sama sekali. Dimana dengan penyelasan itu, seseorang akan belajar dari pengalaman yang dialami dan berubah menjadi yang terbaik. Demikian jugalah yang dialami bangsa Israel, mereka menyesal telah menyimpang dari jalan Allah, sehingga mereka berseru meminta pengampunan kepada Tuhan, agar keadaan mereka dipulihkan. 


Nabi Hosea mengajak dan menasehati umat Allah untuk bertobat dan berbalik kepada Allah, “Bertobatlah, hai Israel, kepada Tuhan, Allahmu, sebab engkau telah tergelincir karena kesalahanmu” (Hosea 14:3). Nabi Hosea meminta pengampunan kepada Tuhan, supaya kesalahan umatNya diampuni dan dipulihkan dari kehancuran akibat perbuatannya. Doa dan permohonan Nabi Hosea pun didengarkan oleh Tuhan, itulah yang menjadi ayat renungan kita hari ini, “Aku akan memulihkan mereka dari penyelewengan, Aku akan mengasihi mereka dengan sukarela, sebab murka-Ku telah surut dari mereka”(Hosea 14: 5). Dimana pengampunan merupakan jalan satu-satunya untuk memulihkan keadaan bangsa Israel. 

Sahabat yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus! Tuhan selalu mengasihi dan mengampuni dosa-dosa kita. Tuhan maha pengasih, baik, panjang sabar dan penuh belas kasihan, tidak dibalaskannya kesalahan kita setimpal dengan perbuatan kita, seperti Bapa sayang kepada anak-anakNya, demikianlah Allah sayang kepada umatNya. Allah sendiri yang berfirman dan menyatakan bahwa Israel yang dipulihkan akan menikmati berkat demikian rupa, sehingga bangsa-bangsa lain akan diberkati karena berhubungan dengannya. “Mereka akan kembali dan diam dalam naungan-Ku dan tumbuh seperti gandum; mereka akan berkembang seperti pohon anggur, yang termasyhur seperti anggur Libanon” (Hosea 14: 8).


Sahabat yang baik hati, Allah itu Maha Baik, tidak selamanya dia menuntut orang yang bersalah. Pengampunan Tuha mengalir seperti sungai yang tiada kering. Allah akan penuh belas kasihan bagi orang-orang yang menyesali dosa dan perbuatanNya. Oleh kasihNya yang tiada tara Tuhan akan memulihkan dan mengampuni kita atas segala dosa dan pelanggaran kita. 


Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin


Salam: Tim Page Pdt Nekson M Simanjuntak - FS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...