Minggu, 27 Desember 2020

MEREKA SUJUD MENYEMBAH DIA

 FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN

Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi

Senin, 28 Desember 2020


MEREKA SUJUD MENYEMBAH DIA


Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan.


Matius 2:11 (TB)  Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Mereka pun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur. 


Matthew 2:11 (RWV)  And when they had come into the house, they saw the young child with Mary his mother, and fell down, and worshipped him: and when they had opened their treasures, they presented to him gifts; gold, and frankincense, and myrrh. 


Satu hal terpenting dari pemberitaan Injil Matius tentang kehadiran orang Majus dalam peristiwa kelahiran Tuhan Yesus adalah kaum non Yahudi mengakui Yesus sanga Yuruselamat. Yesus lahir bukan saja diakui kebenarannya menurut kitab suci Yahudi, namun juga diakui oleh pengetahuan di luar kitab suci yakni ahli perbintangan juga meramalkannya. Karena itu kehadiran orang Majus menyempurnakan penggenapan Janji keselamatan dengan kelahiran Yesus Kristus.


Menurut Herodotus sorang sejarawan Yunani Kuno  majus dipakai untuk menyebutkan suatu suku dari bangsa Madai, yg mempunyai jabatan imam di Kerajaan Persia. Bagi penulis-penulis kuno yg lain kata itu sama artinya dengan imam. Daniel melengkapkan hal ini (Dan 1:20; 2:27; 5:15) dengan mengenakan kata itu kepada segolongan 'orang bijaksana' atau ahli nujum, yg menafsirkan mimpi dan pesan-pesan dari 'allah-allah'. Dalam PB pemakaian kata itu meluas, sehingga meliputi semua orang yg mempraktikkan ilmu-ilmu sihir (bnd Kis 8:9; 13:6, 8).


Apa yang dilakukan 'orang-orang majus' dalam Mat 2:1-12. Agaknya mereka ialah ahli nujum agamawi non-Yahudi, yg menarik kesimpulan dengan mengamati bintang, bahwa seorang raja agung bangsa Yahudi sudah lahir. Sesudah bertanya-tanya kepada penguasa Yahudi, mereka pergi ke Betlehem untuk memberi penghormatan. Apakah 'Timur', asal kedatangan mereka, adalah Arabia, Babel atau daerah lain tak dapat dipastikan.


Membuktikan ramalan perkiraan mereka itu mereka terus mengikuti bintang yang mereka lihat, kemudian bertanya kepada penguasa dan Herodes memanggil imam hal apa kata kitab suci tentang kelahiran Mesias. Tokoh-tokoh yang terlubat yang disebutkan dalam Matius membuktikan peristiwa kehadiran orang Majus bukan hanya fiksi atau dongeng belaka tetapi dapat dicheck dan recheck di dalam penguasa setempat. Dengan demikian tidak ada hal yang peelu diragukan tentang peristiwa kelahiran Yesus Kristus tetapi kita meneladani orang Majus


Setelah orang Majus mengetahui tempat kelahiranYesus maka mereka masuk ke kandang Bethlehem. Mereka sendiri melihat dan menyaksikan bayi Yesus yang lahir. 


Kedua mereka sujud menyembah Dia. Istilah menyembah membuktikan mereka percaya kepada Yesus adalah Allah yang patut disembah, Dialah raja diatas segala raja, Raja yang membawa keselamatan bagi umatNya. Melengkapi sujud dan syukur mereka, orang Maju mengeluarkan pundi-pundi perbendaharaan mereka berupa emas, perak dan kemeyan. Benda-benda berupa material yang sangat berharga untuk dipersembahkan kepada Yesus. Orang Majus tidak datang dengan tangan hampa, tetapi mereka membawa persembahan yang harum dan berharga bagi Tuhan.


Sahabat yang hati, dalam merayakan Natal tahun 2020 ini hal yang sama ditanyakan kepada kita: apakah yang dapat kita bawa dan persembahkan ke dadapan Tuhan Yesus? Ada banyak pemberian Tuhan salam hidup kita, Tuhan tidak meminta kita mempersembahkan apa yang tidak ada pada kita, justru apa ada pada kita itulah yang dikehendaki oleh Tuhan untuk kita persembahkan dan kita abdikan kepada Tuhan.


Tinggal empat hari lagi kita menjalani tahun 2020 ini, sebelum berlalu: perlu kita renungkan apakah yang telah kita perbuat dan persembahkan kepada Tuhan? 


Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin


Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...