Selasa, 22 Desember 2020

KASIHNYA TETAP

 FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN

Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi

Rabus, 23 Desember 2020


KASIHNYA KEKAL


Selamat pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan.


Yeremia 31:3 (TB)  Dari jauh TUHAN menampakkan diri kepadanya: Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan kasih setia-Ku kepadamu. 


Jeremiah 31:3 (RSV)  the LORD appeared to him from afar. I have loved you with an everlasting love; therefore I have continued my faithfulness to you.


Apakah Tuhan tidak mengasihi umatNya lagi?  Jika sayang mengapa Tuhan membiarkan umatNya menderita dalam pembuangan Babel? Inilah pertanyaan umat Allah di masa Pembuangan. Mereka terpukul berat dan sulit menerima kenyataan menjadi orang buangan, bukan sebentar namun cukup panjang selama 70 tahun. Yerusalem kota kebanggaan hancur menjadi puing. Bait Allah yang dikagumi sebagi simbol kehadiran Allah telah dirobohkan rata dengan tanah dan tak satu pun batu bertindih. Sungguh menjadi pukulan berat sebagai umat Allah menerima tahluk di bawah kekuasaan Babel dan mereka diangkut ke pembuangan. Mungkinkah Tuhan telah melupakan umatNya?

 

Jika kita baca Pasal 31 kitab Yeremia ini, berisi tentang nubuatan pemulihan Tuhan atas umatNya. Yeremia menjelaskan bahwa Tuhan tidak pernah lupa akan umatNya. Tuhan tetap memandang mereka dari jauh, dan memperhatikan mereka dari dekat. Tuhan ada dan bersama-sama mereka dalam penderitaan yang mereka alami. Tuhan mengasihi mereka da melanjutkan kasih sayangNya yang kekal. 

Yeremia dalam nubuatannya meyakinkan kembali umat Allah bahwa Tuhan akan memulihkan keadaan mereka. Band. Yesaya 54:7 (TB)  Hanya sesaat lamanya Aku meninggalkan engkau, tetapi karena kasih sayang yang besar Aku mengambil engkau kembali. 


Dalam Ay 3 disinggung tentang Tuhan melanjutkan kasih setiaNya, ay 4 Tuhan sendiri akan membangun mereka kembali dan bahkan menghiasi hidup mereka dengan sukacita, ayat 5 mereka akan membuat kebun anggur, ay 6 memulihkan Sion dan mengumpulkan dan menghimpun seluruh umat Allah yang berserak dari utara dan dari ujung bumi dikumpulkan menjadi kumpulan besar. Itulahnpemulihan Tuhan atas umatNya.  Jadi kasih setia Tuhan tetap terhadap umatNya. Sekalipun demikian bukan berarti melupakan pelanggaran? Tuhan mengingat kasihNya namun tetap memberikan ganjaran atau hukumannyang mendidik atas  pelanggaran yang mereka buat. Yeremia menjelaskan berulang-ulang bahwa pembuangan Babel adalah hukuman Allah yang mendidik. Pembuangan Babel bukanlah akhir dari segalanya.  Tuhan telah menghukum mereka dengan membuang mereka ke pembuangan Babel. Allah  telah murka atas pelanggaran dan ketidak setiaan mereka kepada Tuhan. Tetapi Tuhan akan memulihkan keadaan umatNya. Kasih Tuhan tidak terputus tetapi berkelanjutan dan bekesinampungan. Inilah yang dijawab oleh Yeremia, Tuhan tidak dapat memutuskan hubungan dengan umatNya, karena kasihNya tetap bahkan kasihNya kekal selama-lamaNya. Yesaya 54:8 (TB)  Dalam murka yang meluap Aku telah menyembunyikan wajah-Ku terhadap engkau sesaat lamanya, tetapi dalam kasih setia abadi Aku telah mengasihani engkau, firman TUHAN, Penebusmu. 


Sahabat yang baik hati. Dalam banyak hal sama seperti perasaan umat Allah dalam pembuangan. Cara pandang seperti ini sering muncul dalam hidup orang percaya dalam melihat Allah. Saat ada penderitaan dan kesulitan yang berat, seolah ini murka Tuhan. Di saat beban menyesak serasa Tuhan jauh dan kita berkata dimana Tuhan itu? Sesungguhnya Tuhan tidak meninggalkan kita dan Dia tetap sayang kepada kita dalam keadaan suka dan duka, dalam keadaan bergumul dan beruntung Tuhan tetap memelihara hidup kita.  KasihNya tetap dan kekal bagi kita. Apa yang sampaikan oleh firman Tuhan di pagi ini menyegarkan janji Tuhan dalam hidup kita. Tuhan mengasihi kita selamanya. 


Sahabat yang baik hati, kiranya Tuhan memberkati saudara dengan segala kebaikan dan kasih karunia Tuhan menyertai saudara. Amin


Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...