Kamis, 30 Mei 2019

INJIL HARUS DIBERITAKAN

INJIL HARUS DIBERITAKAN

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi Kita. Jumat, 31/05/2019

Markus 13:10 (TB)  Tetapi Injil harus diberitakan dahulu kepada semua bangsa.

Mark 13:10 (RWV)  And the gospel must first be proclaimed among all nations.

Pemberitaan Injil merupakan panggilan umum bagi seluruh orang percaya. Panggilan umum ini disebut dengan "vocatio generale", semua orang percaya memenerima panggilan untuk memberitakan Injil ke segala bangsa dan ke segala mahkluk. Tugas ini diterima secara eksplisit ketika Yesus mengutus murid-murid sebagaimana tertulis dalam keempat Injil yaitu: Matius 28:19-20, Markus 16:15, Kisah Rasul 1:7 (Lukas) dan Yohanes 21:15-19.

Dalam konteks PB, memberitakan itu itu keharusan karena keselamatan di dalam Yesus Kristus adalah milik segala bangsa. Alkitab menyaksikan: tidak ada keselamatan di luar dari Yesus Kristus. Kisah Para Rasul 4:12 (TB)  Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

Kristus harus diberitakan ke segala bangsa. Ini berarti bahwa Injil itu adalah terbuka bagi segala bangsa. Keselamatan bukan hanya kepada Yahudi keturunan Abraham, tetapi seluruh bangsa tanpa membedakan suku, ras, status sosial. Keselamatan di dalam Yesus itu adalah universal. Keselamatan itu bukan hanya milik sebahagian orang tetapi semua orang. Galatia 3:28 (TB)  Dalam hal ini tidak ada orang Yahudi atau orang Yunani, tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus.

Karena Injil adalah milik semua orang, maka tak satu suku bangsa apapun di dunia ini yang tidak  diselamatkan. Karena itu Injil harus diberitakan agar segala bangsa percaya kepada Yesus Kristus.

Memberitakan Injil harus segera dan waktu sangat terbatas. Jika Kita baca kitab-kitab Perjanjian Baru, ada satu pemahaman  bahwa Kristus itu segera datang kembali ke dunia menjemput orang percaya.  Maka dalam waktu yang singkat Injil harus sampai ke ujung bumi. Atas pemahaman ini murid harus bekerja Dan terus berlomba dengan waktu. Ada semacam target yang harus dicapai yaitu suatu kepastian bahwa Injil sudah harus sampai ke ujung bumi sebelum kedatangan Kristus. Kapan Kristus datang? Yesus sendiri tidak tahu, hanya Bapa yang tahu waktunya. Murid-murid hanya diberitahu bahwa kedatanganNya segera. Maka Rasul-rasul terus memberitakan Injil dari satu kota ke kota lain, dari desa yang satu ke desa yang lain agar Injil telah tersiar sampai ke ujung bumi sebelum Kristus datang.

Memberitakan Injil suatu keharusan, baik atau tidak baik waktunya. Kala sedih dan bahagia, kala menderita dan penuh tawa. Dalam segala situasi orang percaya harus memberitakan Injil.  Sekalipun dunia menolaknya, namun Injil harus tetap diberitakan. Hal ini diingatkan Yesus agar murid-murid berhati-hati dan berjaga-jaga karena raja-raja dan penguasa dunia akan menolak dan mengejar para murid. Demikian dengan majelis agan agama akannmenjerat, menangkap dan memukuli mereka karena mereka menolak Injil. Semua itu harus dijalani dan sekalipun menderita Da  jangan menjadi diam. Beritakanlah Injil, sekalipun harus martyr. Benarlah kata Tertulianus: "darah orang martyr adalah benih gereja."

Sahabat yang baik hati! Injil harus diberitakan, baik atau tidak baik waktunya. Injil harus diberitakan diterima atau ditilak oleh dunia ininamun dunia in mesti tahu bahwa Tuhan telah menyediakan keselamatan bagi segala bangsa di dalam diri Yesus Kristus. Yesus menasihatkan kepada murid-murid agar berhati-hati:  jangan kecut dan tawar hati jika dunia ini menolak Injil bukan berarti alasan until berhenti memberitakan Injil. Injil harus terus diberitakan diterima atau ditolak dunia, itu adalah urusan Tuhan. Urusan murid adalah memberitakanNya.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amen

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...