Minggu, 12 Mei 2019

DALAM TUHAN SELALU ADA JALAN

DALAM TUHAN SELALU ADA JALAN

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi Kita dalam beraktifitas. Senin, 13/05/2019

Yesaya 43:16 (TB)  Beginilah firman TUHAN, yang telah membuat jalan melalui laut dan melalui air yang hebat,
Isaiah 43:16 (RWV)  Thus saith the LORD, who maketh a way in the sea, and a path in the mighty waters;

Meyakinkan orang yang putus harapan adalah suatu pekerjaan yang maha berat. Apalagi sudah pada tahap trauma, akan sulit dipulihkan. Sekalipun ada kemampuan dan potensi akan sulit untuk bangkit karena motivasi tidak ada. Itulah sebabnya dalam suatu pertandingan atau even besar, selain kesiapan teknis dan skill individu hal yang tidak bisa tertinggal adalah motivator. Kehadiran motivator sangat penting untuk menyemangati, menginspirasi.

Kehadiran Yesaya di tengah-tengah umat Pembuangan bisa juga digambarkan sebagai motivator.  Yesaya hadir menyemangati mereka agar tetap percaya kepada Tuhan. Di dalam Tuhan akan selalu ada jalan keluar dari kesulitan yang dihadapi. Hal itu sangat beralasan karena pengalaman sejarah yang terjadi bagi bangsa Israel. Kisah perbuatan Allah yang besar telah disaksikan oleh leluhur mereka.  Ketika mereka tersesak dan terhimpit, merasa Tak berdaya menghadapi Firaun, namun mereka sendiri menjadi saksi bahwa Firaun memohon kepada Musa agar Mesir bebas dari tulah-tulah yang didatangkan Tuhan. Sekalipun mereka telah dilepaskan keluar dari Mesir, namun lihatlah Firaun mengejar mereka dengan kereta kuda dan prajurit tertangkas dari pasukan Firaun. Dalam keadaan demikian Israek terdesak,  hendak berjalan terus sama artinya menenggelamkan diri dalam laut. Diam tak bergerak sama artinya menyerahkan nyawa sendiri kepada pasukan Firaun. Dalam keadaan demikianlah Tuhan membuka jalan. Tuhan memerintahkan Musa memukul Laut Tiberau, pada saat itu laut terbelah Dua sehingga umat Allah dapat berjalan. Sesampai di seberang, Tuhan memerintahkan Musa, make air pun kembali menyatu pasukan Firaun yang sedang mengejar mereka akhirnya tenggelam tak berbekas.  Itulah kuasa Tuhan yang telah nyata dihadapan unat Israel. Make tak ada satupun keraguan akan kekuasaan Tuhan.

Bangsa Israel di Pembuangan sangat terpukul, keadaan mereka buruk dan menderita.  Yesaya menyakinkan umatNya bahwa Allah sendiri yang akan menebus Dan membebaskan umatNya. Allah Maha Kuasa melakukan tanda ajaib untuk membebaskan umatNya sama dahsyatnya ketika Musa membawa Israel keluar dari Mesir. Jika Musa membawa Israel keluar dari Mesir dengan berbagai tulah dan ajaib, hal yang sama Tuhan akan menebus dan membebaskan umat Allah dari pembuangan Babel.

 Pembebasan Allah akan terjadi itu bukan hanya janji semata. Tuhan satu-satunya pembebas umatNya. Mereka harus kembali ke Yerusalem. Waktunya pembuangan akan berakhir,  penindasan dan kerja rodi. Tuhan sendiri akan membuka pintu-pintu  gerbang yang terkunci untuk melepaskan umatNya. 

Sahabat yang baik hati! Renungan ini meyakinkan kita semua agar jangan pernah berputus asa atas kesulitan yang kita hadapi. Di dalam TUHAN akan selalu ada jalan. Lautan yang siap menelan dan menenggelamkan dapat diubah menjadi jalan yang menyeberangkan umatNya dari pengejaran Firaun. Demikianlah dengan kita harus percaya bahwa Kuasa Allah yang kuat tidak akan diragukan lagi, Allah akan memulihkan keadaan kita menuju masa depan yang baru. Kepahitan dan penindasan akan berlalu.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...