Rabu, 08 Mei 2019

BERGEMBIRA DAN BERSUKACITA ORANG YG MENCARI TUHAN

*BERGEMBIRA DAN BERSUKACITA ORANG YANG MENCARI TUHAN*

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Kamis, 09/05/2019

Mazmur 40:17 Biarlah bergembira dan bersukacita karena Engkau semua orang yang mencari Engkau; biarlah mereka yang mencintai keselamatan dari pada-Mu tetap berkata: "TUHAN itu besar!"

Psalms 40:16 (RWV)  Let all those that seek thee rejoice and be glad in thee: let such as love thy salvation say continually, The LORD be magnified.

"Happy ending" suatu istilah yang sering kita dengar menggambarkan pergumulan yang berujung manis. Jika anda penikmat cinema alur kisah seperti sangat menarik, bagaimana aktor memenangi kesulitan yang dijalani.  Happy ending pastilah jauh lebih baik daripada manis duluan tapi berujung pahit. Kisah hidup yang berujung Manis tentu harus rela menghadapi tantangan atau kesulitan. Tantangan  adalah ujian untuk meraih kebahagiaan yang disediakan Tuhan dibalik beban hidup.

Mazmur 40 ini adalah contoh pengalaman orang percaya bagaimana menghadapi pergumulan yang berat yang berakhir dengan manis.  Pemazmur digambarkan telah terperangkap dalam lumpur rawa (ay 13), dikelilingi malapetaka, dikejar rasa bersalah karena kesalahannya sudah lebih banyak dibanding jumlah rambut di kepalanya (ay 2). Pemazmur sangat tertekan, musuh-musuhnya sudah siap-siap menertawakannya (ay 15). Namun dia tidak berputus asa, pemazmur sabar dalam segala kesesakan dan tekun menantikan Tuhan di dalam doa dan syukur.

Pada Mazmur 40 ini kita menemukan pengajaran yang sangat berharga: jika ada beban atau musibah yang menimpa jangan langsung berputus asa, namun berdoa dan tetaplah mencari kehendak Allah dibalik semua peristiwa yang terjadi. Allah mendatangkan kebaikan bukan hanya pada hal manis saja. Tuhan juga terkadang mengijinkan orang percaya berjalan pada jalan terjal,  licin dan berliku. Ketika  menjalaninya kita sadar hanya karena pertolongan Tuhan semua itu bisa dijalani. Cara Tuhan mendatangkan kebaikan bukan dalam suasana suka dan gembira saja, tetapi dalam segala keadaan Tuhan mampu memberi sukacita dan kegembiraan bagi kita.

Mazmur 40 ini menyakinkan kita agar tetap percaya  bagaimanapun Tuhan tidak pernah membiarkan orang yang dikasihiNya ditelan pergumulan. Namun dalam permasalahan yang dihadapi tetap meminta pertolongan Tuhan. Pertolongan Tuhan akan datang tepat pada waktunya. Tuhan mengetahui apa yang terbaik bagi kita.

Itulah sebabnya pemazmur dalam nas hari ini membuat suatu kesimpulan bahwa bergembira dan bersukacita orang yang mencari Tuhan. Mencari Tuhan disini haruslah dipahami setia menjalani hidup ini dalam suka dan duka di dalam doa dan syukur. Jika ada suka dan kegembiraan jangan lupa bersyukur, jika ada kesulitan yang membebani kita, tanyakanlah selalu apa maksud dan maksud Allah dalam setiap masalah yang kita hadapi. Harus kita ingatan bahwa tantangan hidup adalah latihan rohani.  Ibarat seorang atlet yang tangguh butuh latihan yang berat dan memiliki tingkat kesulitan pula until memenangkan kejuaraan yang berat. Seorang petinju hebat akan terbukti dengan menjalani pertandingan sulit dan berat. Latihan dan ujian menempa diri lebih siap dan lebih tahan uji dan memenangkan pertandingan besar.

Demikianlah dalam hal iman, pengalaman pemazmur mengatakan bergembira dan bersukacita orang yang mencari Tuhan, sekalipun kesulitan menghadang tetap mrnganggapnya sebagai latihan Dan ujian iman. Ketika semua it kita jalani waktunya kita akan berkata: Tuhan itu besar. Mendapatkan prestasi besar harus berani lewat tantangan besar. Jangan takut, Tuhan memelihara dan menolong kita.

Sahabat yang baik hati! Renungan hari ini mengajak kita jangan pernah berputus asa atas beban yang menimpa. Apapun juga menimpa hidup kita: kala suka dan sedih, kala tawa dan air mata. Carilah makna apa kehendak Tuhan dibalik semua itu. Waktunya akan tiba tersenyum indah dan berkata Tuhan itu baik.

Sahabatku. Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...