Selasa, 13 November 2018

YANG MEMINTA AKAN MENERIMA

*YANG MEMINTA AKAN MENERIMA*

Selamat pagi! Sahabat yang baik hati marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita semua.  Rabu, 14/11/2018

Lukas 11:10 (TB)  Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.

Luke 11:10 (RSV)  For every one who asks receives, and he who seeks finds, and to him who knocks it will be opened.

Tidak ada kebahagiaan yang lebih besar ketika kita menerima apa yang kita minta, menemukan apa yang kita cari dan pintu dibukakan bagi kita ketika mengetoknya. Berarti segala apa yang diharapkan  terjawab. Kehidupan yang demikianlah yang terjadi pada orang yang percaya kepada Bapa. Allah yang kita kenal di dalam Yesus Kristus adalah penuh kasih sayang. Dia akan selalu menjawab doa yang kita sampaikan seturut dengan kehendakNya.

Nats harian ini berkaitan dengan pengajaran Tuhan Yesus hal berdoa. Di dalam doa kita percaya bahwa Allah adalah maha baik. Permohonan yang kita dmsampaikan itu sama seperti hubungan anak dengan bapak. Bapa itu adalah murah hati, panjang sahat dan penuh belas kasihan. Pada-Nya segala sesuatu tersedia,  tidak akan pernah menolaknya tetapi selalu menumpangkan tangannya memberikan apa yang kita minta. Tak mungkin seorang ayah memberikan ular ketika anaknya meminta ikan.  Lebih dari inilah kasih Allah Bapa kita kepada anak-anakNya. Maka tidak atasan untuk tidak meminta dan berseru kepada Allah Bapa kita

Lukas 11:9 (TB)  Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. (Band Mat 7:7)

Dalam nats diatas ada tiga aktifitas sekaligus memahami kita akan arti berdoa dalam pandangan Kristen: neminta, mencari dan mengetok.

Meminta! Apa yang kita butuhkan kita minta pada tujuan yang tepat. Tidak mungkin kita meminta roti pada orang yang tak punya roti. Doa pasti berkata, maaf sasaran permintaan anda salah selamat.  Di dalam doa, tujuan permintaan kita adalah hanya pada Tuhan, Allah Bapa kita. Karwna hanya PadaNya segala sesuatu tersedia. Dialah pencipta, pemilik dan memelihara dari segala sesuatu yang ada.

Mencari! Berarti kita harus ada upaya, meminta bukan hanya melipat tangan, menyampaikan kalimat permintaan dan menunggu datang apa yangnkita minta. Bukan seperti memesan menu di restoran: Ada menuliskan menu yang anda order dan menunggu sebentar dan apa yang anda minta disajikan.  Sama sekali tidak. Di dalam doa kita harus mencari dimana yang kita minta itu berada. Ada usaha, kerja keras sebagai media Allah menyalurkan berkstnya bagi kita. Tuhan akan menolong kita untuk menemukannya.

Mengetok! jika apa yangnkita minta itu telah tersedia? Sama seperti kita memasuki rumah. Tentulah kitabtidak langsung masuk menerobos nanti anda didakwa KUHAP 551. Tapi ketoklah, ketika sang penghuni rumah mempersilahkan masuk, barunkita masuk dan menikmati apa yang disajikan pemilik rumah.

Sahabat yang baik hati! Di dalam berdoa kita harus percaya bahwa Bapa berkenan atas apa yang kita minta. Oleh sebab itu janganlah berhenti berpengharapan. Tuhan itu baik, Dia berkenan memberikan apa yang kita minta.  Hal ini harus kita ingat: Matius 21:22 (TB)  Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya."

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara.  Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...