Rabu, 07 November 2018

ROH KUDUS MENOLONG ORANG MENYAKSIKAN KRISTUS

*ROH KUDUS MENOLONG ORANG PERCAYA MENYAKSIKAN YESUS KRISTUS*

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Kamis, 08/11/2018

Yohanes 15:26-27 (TB)  Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.
Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku."

John 15:26-27 (RSV)  But when the Counselor comes, whom I shall send to you from the Father, even the Spirit of truth, who proceeds from the Father, he will bear witness to me;
and you also are witnesses, because you have been with me from the beginning.

Setiap orang pasti membutuhkan jaminan atau proteksi mengantisipasi resiko yang akan terjadi dalam hidupnya.  Tidak sedikit orang membuat asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan asuransi kecelakaan dan asuransi lainnya yang dianggap dapat menolong dan memproteksi dirinya dalam berbagai hal yang dikuatirkan terjadi. Demikianlah murid-murid membutuhkan jaminan, siapakah yang menolong, menyertai dan menghibur murid-murid menghadapi dunia ini? Karena Yesus telah memberitahukan bahwa Dia kembali ke rumah bapak. Namun Yesus langsung memberikan jaminan bahwa  Yohanes 14:18 (TB)  "Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu.". Penghibur akan datang menolong, menyertai dan menghibur mereka.

Jaminan itu sangat penting apalagi Yesus telah menyampaikan bahwa mereka akan menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan. Sebelum nats renungan ini Yesus telah memberitahukan bahwa dunia ini akan membenci murid-murid, Yohanes 15:18 (TB)  "Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu." Itulah konsekwensi menjadi seorang murid Yesus, harus siap mengikut jejakNya dan memikul salib.

Jika kita baca Injil Yohanes, realitas kehiduoan ini diperhadapkan kepada dua kekuatan: gelap dan terang, kematian dan kehidupan. Keduanya sangat kontras dan bertentangan membenci yang satu dengan yang lain. Apalagi anak-anak kegelapan tidak senang akan anak-anak terang.  Keputusan menjadi anak-anak Tuhan konsekwensinya adalah akan berhadapan dengan anak-anak dunia ini yang mencintai kegelapan. Sebagaimana Yesus telah dibenci, menjalani penderitaan - via dolorosa - hingga mati di kayu salib, demikian murid harus setia mengikut Yesus dan memikul salib sekalipun dunia ini membenci kita.

Apakah kekuatan bagi murid menjalankan semua itu? Siapakah penolong dan yang dapat mengjibur mereka menghadapi penderitaan ini? Yesus menjawab: Penghibur akan datang yang diutus dari Bapa, untuk menyertai, menghibur dan menolong orang percaya. Roh Kudus akan membantu dan memampukan orang percaya hidup dalam kebenaran dan menjalani kesulitan. Roh Kudus akan menolong orang percaya tetap berpengharapan dan Roh Kudus akan memberikan kekuatan bagi orang percaya  menyaksikan tentang Yesus Kristus sekalipun banyak penderitaan yang akan dialami.

Yohanes 14:16-17 (TB)  Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Selanjutnya Yohanes 16:13 (TB)  Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Sahabat yang baik hati! Ibarat seorang advokad yang membela dan dapat membebaskan seorang yang dituntut di pengadilan melebihi dari itu peran Roh Kudus menyertai dan menolong orang percaya untuk menyaksikan Yesus Kristus. Maka jangan berputus asa jika kesulitan menimpa hidup kita, percayalah akan pertolongan Roh Kudus dalam hidup ini.

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...