Kamis, 29 November 2018

TUHAN TELAH MEMPERLIHATKAN KEBESARANNYA

TUHAN TELAH MEMPERLIHATKAN KEBESARANNYA

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Jumat, 29/11/2018

Ulangan 3:24 (TB)  Ya, Tuhan ALLAH, Engkau telah mulai memperlihatkan kepada hamba-Mu ini kebesaran-Mu dan tangan-Mu yang kuat; sebab allah manakah di langit dan di bumi, yang dapat melakukan perbuatan perkasa seperti Engkau?

Deuteronomy 3:24 (RSV)  `O Lord GOD, thou hast only begun to show thy servant thy greatness and thy mighty hand; for what god is there in heaven or on earth who can do such works and mighty acts as thine?

Nats renungan ini merupakan pengakuan Musa di hadapan Bangsa Israel ketika menerima keputusan Tuhan bahwa dirinya tidak ikut menyeberang ke Tanah Kanaan. Suatu sikap pemimpin yang sangat mulia dan berjiwa besar. Sekalipun Musa tidak ikut menyeberang ke Tanah Kanaan, Musa tidak menyesalinya, tetapi justru bersyukur telah ikut ambil bagian dalam rencana Tuhan yang besar kepada umatNya. Dalam panggilannya memimpin bangsa Israel dia ikut menyaksikan perbuatan-perbuatan besar dalam hidupnya. Ia  mempimpin bangsa Israel keluar dari perbudakan Mesir, menyeberang laut Tiberau dan berjalan di padang gurun selama 40 Tahun. Sekalipun kerinduan Musa begitu besar agar ikut menyeberang ke Tanah Kanaan bersama bangsa Israel tapi Tuhan menetapkan diaa tidam ikut, hanya menatap dari bukit Nebo. Keputusan Tuhan diterima Musa tegar, penuh syukur dan memuliakan kebesaran Tuhan.

Syukur Musa adalah telah menyaksikan perbuatan besar Allah pada peristiwa Exodus. Hal itu bukan hanya sebagai peristiwa agama yang tercatat dalam Kitab Suci, tetapi juga dibuktikan dalam bukti-bukti archeology. Bangsa Israel, hanya komunitas budak di Mesir tapi dapat keluar degan berbagai tanda mujizat dan melalui suatu proses yang panjang menjadi satu bangsa yang paling berpengaruh di dunia. Puncak kejayaan bangsa Israel adalah terkenalnya Hikmat Salomo, tidak ada raja yang seperti Salomo baik sebelum dan sesudahnya. 

Kisah pembebasan Israel dari perbudakan Mesir telah menjadi bukti sejarah bagi bangsa Israel  dan juga kepada negara-negara sekitar. Mereka dibebaskan dengan proses yang panjang;  tulah demi tulah ditimpakan ke Firaun, baru setelah tulah ke sepuluh kemstian anak sulung, Firaun menyerahkan dan mengijinkan Israel keluar. Setelah keluar Firaun juga mengejar mereka, saat itu Israel terdesak oleh pengejaran tentara terbaik Firaun. Kuasa Tuhan yang besar membelah laut sehingga bangsa Israel bisa berjalan menyeberang Laut Merah. Setelah menyeberang  mereka tidak langsung punya negeri, tetapi mereka harus lebih sabar lagi menghadapi bangsa-bangsa sekitar, selamat 40 Tahun mereka berjalan dalam penyertaan Tuhan di padang gurun. Semua proses itu dijalani agar bangsa Israel menyadari sungguh tidak Ada Tuhan seperti Allah Israel. Kuasa dan peristiwa ajaib telah mereka saksikan sendiri dengan mata kepala sendiri.

Ada harapan Musa agar ikut menyeberang, namun Tuhan berkeputusan lain. Musa berhenti di Nebo. Sekalipun tidak ikut menyeberang, dia tidak merasa gagal tetapi bersukacita memberangkatkan Israel berterima kasih karena telah dipakai Tuhan ikut ambil bagian pada rencana Allah membebaskan dan memimpin bangsa Israel selama di padang turun dengan kuasa dan kebesaran Tuhan. Tidak ada kesan apapun terhadap keputusan Tuhan pada dirinya. Justru Musa menganggap keputusan Tuhan terhadap dirinya merupakan bahagian dari kuat dan kekuasaan Tuhan yang harus diterima dan dilaksanakan. Berbeda dengan pemimpin dunia ini penilaian sering diukur dari kepentingan. Ketika kepentingannya diakomodir akan dinilai baik namun ketika kepentingan tidak diakomodir, maka segala kebaikan dianggap jelek bahkan nyinyir sebagai oposisi.

Sahabatku! Dalam hidup ini marilah kita obyektif dan jujur, bersyukur atas kesempatan yang Tuhan beri dan memuji kebesaran Tuhan. Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam:Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...