Senin, 19 November 2018

CARILAH YANG BAIK

*CARILAH YANG BAIK*

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Selasa, 20/11/2018

Amos 5:14 (TB)  Carilah yang baik dan jangan yang jahat, supaya kamu hidup;

Amos 5:14 (RSV)  Seek good, and not evil, that you may live;

Pekerjaan memilih bukanlah pekerjaan mudah karena memilih adalah suatu keputusan. Bagi saudagar sudah menjadi hukum umum: barang yang anda beli tidak dapat dikembalikan. Maka salah-salah memilih barang yang anda beli bisa tidak berguna padahal sudah menyianyiakan waktu dan uang anda. Memilih bukan pekerjaan mudah karena harus menerima segala konsekwensinya.  Memilih bukanlah sekedar memilih seperti ibu-ibu berbelanja di pasar: pilih sana pilih sini, tawar menawar dan jika tidak suka tinggal saja tanpa  resiko.  Memilih di dalam renungan pagi ini adalah suatu proses mencari yang terbaik, apa yang seharusnya kita putuskan agar memperoleh kehidupan, menggapai masa depan dan hidup yang berkenan dihadapan Tuhan. Jika mereka ingin hidup maka cari dan cintailah yang baik. Tetapi jika mereka terus melanjutkan kejahatan dan perlakuan buruk mereka yang menindas dan merampas hak-hak orang miskin akan mendatangkan murka Allah. Murka Allah adalah kematian, satu-satunya jalan untuk menghindari murka Allah adalah mencari dan mencintai yang baik.

Bagi nabi Amos, satu-satunya menghindari diri dari murka Allah adalah mencari dan mencintai yang baik. Jika ingin hidup dalam damai sejahtera, aman dan tenteram serta penuh dengan kedamaian maka umat Allah harus  mencintai yang baik dan manjauhi yang jahat. Bagaimana mungkin seseorang mendapatkan kebaikan jika dalam hidupnya terus melakukan kejahatan? Bagaimana mungkin Tuhan memberkati umatNya sementara tangan mereka penuh dengan darah dan hati mereka melakukan kejahatan. Jika kita melakukan hal yang baik saja belum tentu menguatkan Hal yang baik. Apalagi jika umat Allah melakukan kejahatan, jauh dari Tuhan, membiarkan pemerasan dan kesewenang-wenangan dalam praktek kehidupan sehari-hari.
Amos 5:24 (TB)  Tetapi biarlah keadilan bergulung-gulung seperti air dan kebenaran seperti sungai yang selalu mengalir."

Carilah yang baik! Nats renungan di pagi hari ini, suatu seruan dari nabi Amos agar umat Israel mencari yang baik. Mencari yang baik dalam kehidupan umat Israel berarti melakukan apa yang berkenan bagi Allah. Band Mat 6:33 "Carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya akan ditambahkan kepadamu." Siapa yang meminta akan memperoleh, siapa yang mencari akan menemukan, siapa yang mengtuk maka pintu akan dibukakan baginya. (Band. Lukas 11:10; Mat 7:7)

Mencari yang baik berarti satu-satunya pilihan adalah mencari Tuhan dan melakukan kehendakNya. Mencari Tuhan harus disertai dengan tindakan, semua umat Israel harus meninggalkan segala pelanggaran, kejahatan, ketidak pedulian, penindasan dan ketidak adilan sosial yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. Hal yang paling dibenci oleh Amos adalah umat Israel datang beribadah, mereka menaikkan pujian dan mazmur, menyerahkan kurban dan ketekunan lainnya. Namun lihatlah hati mereka jauh dari Tuhan. Mereka memberi korban namun tangan mereka merampas dan menindas orang. Akhirnya terjadi ketidak adilan, ketidak adilan mendatangkan kekacauan dan ancaman akan murka Allah.

Sahabat yang baik hati, setiap hari dalam setiap aktifitas kita selalu diperhadapkan dengan pilihan sebelum memutuskannya: carilah yang terbaik, yang menopang kehidupan kita lebih baik dan Tuhan akan memberkati. Ingatlah bahwa orang yang berusaha melakukan yang terbaik saja belum tentu mendapatkan hasil terbaik, apalagi pilihan yang asal-asalan. Dalam segala Hal pilihlah yang terbaik, lakukan yang terbaik dan dengan penuh pengharapan Tuhan akan memberkati dan kita akan menerima basil yang terbaik.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara.  Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...