Kamis, 22 November 2018

HAK DAN UPAHKU TERJAMIN PADA TUHAN

*HAK  DAN UPAHKU TERJAMIN PADA TUHAN*

Selamat pagi! Sahabat yang baik hati marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa kepada membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Jumat, 23/11/2018

Yesaya 49:4 (TB)  Tetapi aku berkata: "Aku telah bersusah-susah dengan percuma, dan telah menghabiskan kekuatanku dengan sia-sia dan tak berguna; namun, hakku terjamin pada TUHAN dan upahku pada Allahku."

Isaiah 49:4 (RSV)  But I said, "I have labored in vain, I have spent my strength for nothing and vanity; yet surely my right is with the LORD, and my recompense with my God."

Salah satu faktor yang kita takuti dalam hidup ini adalah kegagalan. Itu wajar karena gagal  membuat kita sial seolah segala usahanya sia-sia belaka. Kegagalan bukan hanya rugi material tapi kehilangan waktu dan kesempatan, perasaan dan kehilangan motivasi. Tidak sesikit orang hang stress dan depressi tidak terima kegagalan. Bahkan dalam banyak hal orang lebih memilih tidak melakukan apa-apa karena takut gagal: trauma, apatis dan kehilangan motivasi. Hal inilah yang harus diwaspadai: ingatlah bahwa orang yang takut gagal, dia telah lebih dahulu menggagalkan keberhasilannya. Dari mana kita tahu tidak berhasil kalau tidak kita coba?

Takut gagal dan segala usaha yang dilakukan sia-sia salah satu yang dijawab oleh Alkitab. Selain Tuhan memperlengkapi kita akal dan pilihan, kita percaya Tuhan turut bekerja mendatangkan kebaikan bagi kita. Dalam ketakutan kita itu, Tuhan memberikan suatu kepastian agar kita bangun dan bangkit, memulai sesuatu dengan pengharapan. Tugas kita adalah berusaha, karena tanpa usaha kita tidak raih hasil yang akan kita peroleh. Alkitab mengajarkan hasil adalah keputusan Allah. Iman adalah sesuatu kepastian. Ibrani 11:1 (TB)  Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

Nats renungan kita di  pagi hari ini merupakan keluhan umat Israel yang diekspresikan oleh "Hamba Tuhan". Umat Israel yang di tinggal di pembuangan, mereka terpukul dan kehilangan asa. Seolah apapun usaha yang akan dilakukan untuk mengembalikan kejayaan umat Israel akan menjadi usaha menjaring. Nabi Yesaya tampil memberikan dorongan dan motivasi agar bang kita dari keterpurukan yang mereka alami. Di dalam Tuhan hak dan upah orang yang percaya kepada Tuhan di namun oleh Tuhan.

Mungkin anda sudah mengetahui lagu: Bless Assurance karya Fanny  Crosby yang diterjemahkan dalam KJ "Kuberbahagia"

Blessed assurance, Jesus is mine
O what a foretaste of glory divine
Heir of salvation, purchase of God
Born of His Spirit, washed in His blood

Perfect submission, all is at rest
I in my Savior am happy and blessed
Watching and waiting, looking above
Filled with His goodness, lost in His love

This is my story, this is my song
Praising my Savior all the day long
This is my story, this is my song
Praising my Savior all the day long

Lagu ini sangat indah, menggambarkan cerita kehidupan yang penuh bahagia dan kepastian yang dijamin oleh Yesus Kristus.  Tahukah anda? Lagu ini ditulis oleh  seorang buta.  Di usia 6 tahun dua demam, namun karena filter salah menangani dia mengalami kebutaan total. Namun kerelaan mendengar, menulis dan memainkan piano sangat hebat. Lagu ini telah menginspirasi jutaan orang dibelahan dunia ini bahwa  hak  dan upah kita telah dijamin oleh Allah do dalam penebusan Yesus Kristus.

Sahabat yang baik hati! Janganlah berputus asa; takut gagal wajar tapi berusahalah untuk bangkit.  Takut gagal dapat dimaklumi namun ingatlah kehilangan pengharapan adalah suatu sikap yang tidak tepat. Tiada keberhasilan tanpa usaha, Tuhan yang penuh dengan rahmat dan kasih karunia memberikan garansi dan jaminan akan hidup kita.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara.  Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...