Jumat, 02 November 2018

PELAYANAN KASIH

*PELAYANAN KASIH*

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah kita menggunakan waktu sejenak untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, insprasi dan motivasi bagi kita. Sabtu, 03/11/2018

 2 Korintus 9:12 (TB)  Sebab pelayanan kasih yang berisi pemberian ini bukan hanya mencukupkan keperluan-keperluan orang-orang kudus, tetapi juga melimpahkan ucapan syukur kepada Allah.

2 Corinthians 9:12 (RSV)  for the rendering of this service not only supplies the wants of the saints but also overflows in many thanksgivings to God.

Pelayanan kasih merupakan istilah yang dipakai oleh Paulus untuk menyebutkan perbuatan baik dan dharma bakti gereja mula-mula terhadap orang lain, terkhusus bantuan kepada jemaat mula-mula yang mengalami penderitaan, pengejaran dan penganiayaan. Mereka memberi bukan karena mereka lebih, namun dalam segala kekurangan mereka dapat berbagi dan memberikan persembahan kepada orang lain.  Jemaat mula-mula umumnya orang sederhana, kalaupun ada satu dua orang yang memiliki ekonomi lumayan masih relatif sedikit. Namun sekalipun mereka orang-orang yang sederhana dan kemampuan ekonomi yang terbatas mereka sedia mempersembahkan apa yang mereka miliki sebagai persembahan dalam pelayanan kasih.

Setiap orang ikut berpartisipasi dalam pelayanan kasih menurut kerelaan mereka masing-masing. Tidak ada paksaan namun masing-masing turut berkontribusi secara iklas dan sukarela. Mereka merasakan apa yang dialami oleh jemaat kristen lainnya: dikejar dan setiap ada persekutuan selalu mendapat  bahkan mereka harus terus berlari dari satu kota ke kota lain demi menyelamatkan diri dari pengejaran. Didalam pengejaran itu juga mereka terus memberitakan Injil Kristus. Bagi mereka yang ditangkap tidak sedikit yang mati martyr;  dibakar hidup-hidup di jalan-jalan, dimasukkan ke gua singa dan menjadi tontonan sadis di stadion, orang Kristen berhadapan dengan singa lapar. Pengalaman pahit membuat solidaritas dari umat Kristen  seluruh dunia semakin menyadari pelayanan kasih dari saudara-saudara seiman. Apa yang mereka persembahkan dapat berguna memberi kelegaan dari beban mereka. Pelayanan kasih adalah darma bakti dan kebaikan yang dilakukan kepada orang yang membutuhkan.

Paulus menjelaskan bahwa dalam melakukan pelayanan kasih itu, bukan semata-mata ansih memberikan keperluan orang-orang yang membutuhkannya. Bagi Paulus memberi pelayanan kasih sekaligus pada dua arah, orang yang dibantu dan bentuk ucapan syukur kepada Tuhan yang senantiasa memberkati.  Setiap perbuatan baik orang percaya memiliki dua dimensi. Dimensi pertama adalah orang yang kita tolong dan kita bantu dan kepada Tuhan sendiri. Jadi perbuatan baik merupakan buah iman lebih dalam Yesus berkata:  "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku." (Matius 25:40)

Penjelasan Paulus ini penting, ada orang menyesal berbuat baik karena kecewa terhadap orang yang dibantu, tidak ada perubahan dan tidak ada balasan budi baik. Otulah dampaknya jika berbuat baik melihat orang. Tetapi jika kita berbuat baik sebagai syukur kepada Tuhan, semuanya kita serahkan semuanya kepada Tuhan.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...