Selasa, 06 November 2018

PERGILAH DAN BERITAKANLAH

PERGILAH DAN BERITAKANLAH

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenjngkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Rabu, 07/11/2018

Matius 10:7 (TB)  Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat.

Matthew 10:7 (RSV)  And preach as you go, saying, `The kingdom of heaven is at hand.'

Pemberitaan Injil adalah tugas semua orang percaya, amanat agung Tuhan Yesus. Jika kita membaca keempat kitab Injil ada dua kali Yesus mengutus murid-muridNya. Pengutusan sebelum kebangkitan dan pengutusan setelah kebangkitan. Pengutusan sebelum kebangkitan dapat kita baca dalam Matius 10; Markus 6:6-13 dan Lukas 9:1-6) sedangkan pengutusan setelah kebangkitan dapat kita baca pada Matius 38:29-20, Markus 16:15, Kisah Rasul 1:8). Pengutusan kedua inilah yang berkesinambungan dari jaman rasul hingga gereja di masa kini. Pemberitaan Injil itu terus menerus dilakukan oleh orag percaya sebagai amanat agung sampai kedatangan Kristus kedua.

Nats renungan pagi ini merupakan  pengutusan pertama dimana Yesus mengutus murid-muridnya untuk pergi memberitakan Kerajaan Allah. Sebelum diutus Yesus terlebih dahulu membekali para murid dengan pengajaran tentang Kerajaan Allah. Mereka juga telah menerima kuasa dengan melakukan mujizat-mujizat dan bekal lainnya yang dibutuhkan agar mampu melakukan pengutusannya.  Matius 10:8 (TB)  Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma

Pergilah dan Beritakanlah! Suatu perintah yang mesti dilakukan murid Tuhan Yesus, mau tidak mau, suka atau tidak suka, baik atau tak baik waktunya harus memberitakan Firman. Itulah konsekwensi seorang murid. Dalam pengutusan pertama ini ditujukan kepada Yahudi agar mereka percaya kepada Yesus Kristus, penggenapan dari janji Allah sebagaimana disampaikan oleh para nabi. Mereka memberitakan apa yg dilihat dan saksikan tentang Yesus Kristus.

Kerajaan Allah sudah dekat! Kerajaan  Allah dalam Alkitab sangat luas, menyangkut pemerintahan Allah; Allah memerintah dan menata seluruh ciptaanNya seturut kehendakNya. Kerajaan Allah sudah dekat ini suatu kalimat yang menjelaskan waktunyabtelah tiba, Allah memerintah menurut kehendakNya. Apa yang dijanjikan oleh Allah telah digenapi di dalam diri Yesus Kristus.  Pemberitahuan tentang Kerajaan Allah sudah dekat mengingatkan kita untuk bertobat dan berjaga akan hari penghakiman. Dalam penghakiman kelak setiap orang akan mempertanggungjawabkan apa yang diperbuatnya selama hidupnya.  Pemberitaan tentang Kerajaan Allah sudah dekat berarti seruan pertobatan, memperbaiki diri karena Allah hadir sebagai hakim. Setiap orang harus mempertanggungjawabkan hidupnya dihadapan Allah. Maka tidak ada waktu lagi untuk tidak bertobat, karena waktunya hampir tiba. Ibarat seorang penebang kayu, kapak sudah tersedia dan tinggal menebangnya. Pemberitaan kerajaan Allah merupakan seruan pertobatan agar setiap orang mempersiapkan diri. Pemberitaan ini sangat penting agar setiap orang menerima Injil sebelum Kristus datang.

Hal yang sama jika kita lihat pekerjaan Paulus,l dalam memberitakan Injil, dia semangat memberitakan Injil didorong dua hal: pengutusan dan hari Tuhan. Bagi Paulus hari Tuhan itu dekat, sementara masih banyak kora-kota yang belum meberima Injil Yesus Kristus. Itulah yang membuat Paulus berlari-lari dari kota yang satu ke kota yang lain. Baginya Injil harus sampai ke ujung bumi sebelum Kristus datang.

Sahabat yang baik hati!  Pengutusan berkaitan langsung dengan penantian hari Tuhan. Murid-murid diperintahkan: "Pergilah dan beritakanlah! Mari beritakan Inj Kerajaan Allah melalui karya dan hidup kita.  Kita diutus di dunia ini lewat pekerjaan dan bidang kita masing-masing. Mari abdikan sebagai ketaatan kita kepada Kristus yang mengutus kita.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...