Rabu, 23 Mei 2018

ROH KUDUS PENJAMIN KESELEMATAN KITA

ROH KUDUS PENJAMIN KESELAMATAN KITA

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah mempergunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Kamis, 24/05/2018

 Efesus 1:14 (TB)  Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.

Ephesians 1:14 (RSV)  which is the guarantee of our inheritance until we acquire possession of it, to the praise of his glory.

Salah satu kebutuhan kita di jaman now adalah kepastian dengan jaminan. Bagi yang bekerja butuh jaminan hari tua, jaminan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Bahkan ketika anda membeli gadget yang anda pakai membaca renungan ini coba anda ingat pasti ada garansinya bukan?  Bisa 1 tahun atau 6 bulan biasanya ada garansi perusahaan dan garansi toko untuk memastikan jika ada masalah kegagalan produk ada dapat jaminan dari perusahaan atau toko terkait. Simpanlah kartu garansi dan kwitansi pembeliannya karena itu berguna kelak untuk klaim garansi. Kebutuhan kepastian jaminan itu berlaku untuk setiap pembelian produk sekarang ini, orang membutuhkan jaminan atau garansi. Itulah jaman kita sekarang, semuanya membutuhkan jaminan atau garansi.

Firman Tuhan di pagi ini, menjelaskan bahwa salah satu peran Roh Kudus dalam diri orang percaya adalah penjamin bagi setiap orang percaya bahwa kita adalah ahli waris Kerajaan Allah. Ahli waris kerajaan Allah akan diperkenankan menikmati kehidupan sorgawi, menikmati seluruhnya yang menjadi bahagian yang ditetapkan Allah bagi orang percaya. Roh Kudus penjamin bahwa keselamatan yang kita peroleh dari penebusan Yesus Kristus. Yesus telah menebus kita dari dosa dan kematian dengan pengorbanannya di kayu salib dan dimateraikan di dalam Roh Kudus.
Efesus 1:13 (TB)  Di dalam Dia kamu juga — karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu — di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu.

Ibarat dalam suatu transaksi, kwitansi atau akta suratnya dibubuhkan materai sebagai bukti bahwa transaksi itu sah secara hukum. Lebih dari itulah makna peran Roh Kudus memateraikan dan menjamin keselamatan yang kita peroleh di dalam Yesus Kristus sampai kita menerima seluruh warisan kerajaan sorga. Roha kudus yang berdiam di dalam hati kita penjamin bagi kita sampai mewarisi kehidupan kekal.

Dalam renungan ini, kita juga menemukan konsekwensi bagi orang yang dimateraikan dan dijamin Roh Kudus  bahwa kita menjadi milik Allah dan memuliakan Allah. Jika kita milik Allah berarti kita harus hidup sebagaimana dikehendaki oleh Allah. Dalam jaman PB seorang budak yang dibeli seorang tuan, maka aia akan melakukan apa yang diperintahkan tuannya, karena dia adalah milik sang pembelinya. Demikian analogi ini dipakai oleh Paulus; kita telah ditebus dengan harga yang mahal dari dosa dan kematian maka kita bukan lagi hamba dosa ayau milik dosa, tetapi kita telah menjadi milik Allah karena ditebus oleh Allah melalui pengorbanan Yesus di kayu salib. Hal inilah yang harus kita sadari bahwa kita milik Allah yang harus hidup seturut dengan apa yang diperintahkanNya. Kita ditebus bukan dengan barang yang fana tetapi oleh Yesus Kristus. 1 Petrus 1:18 (TB)  Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas.

Sahabat yang baik hati! Kita bersyukur melalui renungan di pagi ini penebusan yang dilakukan oleh Yesus Kristus dimateraikan dan dijamin Roh Kudus sampai maranatha, hingga kita menerima seluruh apa yang menjadi bahagian kita dalam pewaris Kerajaan Allah. Hiduplah menurut kehendak Allah dan muliakanlah Tuhan dengan segala karunia Allah yang diberikan kepada kita.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup anda. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...