Kamis, 17 Mei 2018

CARULAH TUHAN SELAGI DIA BERKENAN

CARILAH TUHAN SELAGI DIA BERKENAN

Selamat Pagi! Sahabat yang baik marilah menggunakan waktu sejenak untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Jumat, 18/05/2018

Yesaya 55:6 (TB)  Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!

Isaiah 55:6 (RSV)  "Seek the LORD while he may be found, call upon him while he is near;

Anda pasti pernah membaca atau mendengar iklan: perusahaan X menyediakan barang diskon sampai 75% berlaku sampai dengan ddmmtt...buruan....! Iklan semacam itu sontak akan membuat para ibu-ibu atau siapa saja akan tertarik kan memanfaatkan waktu sebelum masa diskon berakhir. Apalagi barang yang diiklankan adalah berkaitan dengan kebutuhannya. Jika ingin mendapatkan diskon tentu datanglah sebelum masa diskon berakhir atau bahkan harus cepat-cepat swbekum stok habis terjual. Iklan mendorong orang untk datang segera belanja.

Jika dibahasakan model iklan, semacam itu juga yang ditawarkan oleh nabi Yesaya pada Pasal 55:1 TUHAN menyediakan jamuan gratis, makanan dan minuman terbaik disediakan Tuhan bagi umatNya tanpa banyar! Allah itu baik dan berkenan memberikan segala kebutuhan umatNya.
Yesaya 55:1 (TB)  Ayo, hai semua orang yang haus, marilah dan minumlah air, dan hai orang yang tidak mempunyai uang, marilah! Terimalah gandum tanpa uang pembeli dan makanlah, juga anggur dan susu tanpa bayaran! " Tuhan menyediakan "jamuan gratis" bagi umatNya. Promosi kebaikan Allah ini disampaikan  oleh Yesaya kepada umat Allah yang berada dalam pembuangan. Tuhan itu baik dan penyedia sumber kebutuhan mereka.
Apa yang disampaikan oleh Yesaya ini adalah Tuhan memberikan kesempatan bagi umatNya. Tuhan membuka kesempatan memiliki batasan, jangan sampai tertutup kasih karunia.

Carilah Tuhan selama Ia berkenan! Seruan ini penting karena sudah ada sebahagian dari umat Allah yang telah apatis kehidupan religius. Mereka  tidak peduli lagi akan kehidupan spiritualitasnya dan menghindari dari segala diakusi tentang Tuhan. Hal itu dosebabkan pengalaman pahit yang mereka rasakan, hidup terbuang dan terasing di pembuangan Babel. Namun dengan seruan Yesaya pada pasal 55 ini, Yesaya sungguh-sungguh mengajak umat Allah untuk mencari Tuhan. Tuhan itu masih berkenan, tidak selamanya Ia menghukum. Kasihnya lebih besar dari hukumNya. Pembuangan bukan akhir, rancangan Tuhan melebihi apa yang dipikirkan manusia. Yesaya 55:9 (TB)  Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.

Berserulah kepadaNya selagi Ia dekat. Tuhan tidak pernah menjauh dari mereka tetapi Ia sungguh dekat dan Allah itu adalah Immanuel (menyertai umatNya). Dengan demikian siapakah yang menjauh? Yang menjauh adalah umat Allah sendiri: mereka berbalik dari Allah dan meninggalkan Allah kepada ilah lain.

Yesaya mengajak umat Allah untuk mencari Tuhan dan berseru kepada Allah atas segala pergumukan yang mereka hadapi. Tuhan itu baik dan penuh kasih sayang. Dia tidak meninggalkan umatNya. Asal mereka mau datang dan mencari Tuhan, Tuhan selalu membuka diri bahkan tanganNya tetap terangkat untuk menyampaikan berkat bagi umatNya.

Sahabat yang baik hati! Carilah Tuhan suatu istilah yang dipergunakan bagi orang-orang yang merasakan kasih karunia dan merindukan Tuhan dalam hidupnya. Dalam bayak hal ada orang yang menerima berkat Tuhan namun tidak merasakan kasih karunia Tuhan. Semua yang dimiliki seolah karena hasil usahanya. Ketika ada musibah dan kesulitan menimpa hidupnya,  baru datang kepada Tuhan. Tuhan dibutuhkan ketika hal sulit terjadi. Selama kemujuran dan kebaikan menimpanya seolah Tuhan tidak dibutuhkan. Renungan pagi ini mengajak kita untuk mencari Tuhan: lewat ibadah, doa dan melakukan kehendak Allah.

Mencari Tuhan dalam hidup merupakan sifat pribadi orang yang percaya. Carilah Tuhan adalah keharusan bagi kita yang percaya kepadaNya baik dalam suka dan duka, susah senang.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...