Selasa, 29 Mei 2018

SETIALAH KARENA ALLAH ITU SETIA

SETIALAH KARENA ALLAH ITU SETIA

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah kita menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Rabu, 30/05/2018

1 Korintus 1:9 (TB)  Allah, yang memanggil kamu kepada persekutuan dengan Anak-Nya Yesus Kristus, Tuhan kita, adalah setia.

1 Corinthians 1:9 (RSV)  God is faithful, by whom you were called into the fellowship of his Son, Jesus Christ our Lord.

"Memang Lidah Tak Bertulang." satu judul lagu yang sangat populer tahun 70an. Lagu ini mengungkapkan kekecewaan terhadap orang yang mudah mengumbar janji; seribu kata dapat terucap namun lain dibibir lain di hati. Apa yang didapatkan tak satu pun janji yang ditepati. Mungkin adalah salahbsatu korban dannjanji ketidak setiaan atau sebaliknya, coba anda ingat beberapa janji anda? Seorang suami berkonsultasi pada psikolog: mengapa isterinya akhir-akhir ini bersikap  biasa padanya bahkan cendeeung dingin, hampir saja dia mau bercerai namjn sebelumnya dia konsultasi pada psikolog?  Psikolog mengingatkan: coba ingat apa janji bapak sama ibu? Dia pun ingat pernah menjanjikan akan membeli perhiasan sebagai kado di hari ulang tahun isterinya, mungkin si bapak terlupa karena janji itu pada cumbu-cumbu, pada hal si isteri sudah memegangnya sebagai janji dan menantikannya, tetapi di saat bahagia itu si Bapak tidak memberi apa-apa.  Sang bapak langsung kembali ke rumah dan membelikan perhiasan yang pernah dijanjikannya dan memohon maaf atas kehilafannya pada isterinya. Merekapun kembali rukun.

Jika kita sering dikecewakan manusia, maka berbeda dengan persekutuan orang percaya. Sebagai anak-anak Tuhan haruslah setia karena Tuhan itu setia. Allah sendiri yang memanggil dan mengajarkan kepada kita setia dalam hidup.  Orang percaya hidup dalam suatu persekutuan orang kudus yang telah diselamatkan oleh Yesus Kristus. Kristus akan datang kelak untuk membawa kita kepada kehidupan yang kekal sebagaimana dijanjikan oleh Allah. Yesus naik ke Sorga untuk mempersiapkan tempat bagi orang percaya. Allah itu setia dan akan menggenapi apa yang dianjikanNya. Dia akan datang untuk membawa orang percaya pada kebahagiaan kekal. Persekutuan orang kudus (baca "gereja") telah  dikuduskan  oleh Yesus Kristus melalui penebusan di kayu salib. Roh Kudus sebagai penjamin, penghibur dan pemelihara iman mereka sampai kepenuhan janji, yaitu kedatangan Yesus Kristus.

Mengapa Paulus menekankan kesetiaan Allah?  Jika kita perhatikan ayat sebelumnya,  kemungkinan besar di kalangan jemaat Korintus sudah ada yang goyah dalam menantikan Yesus Kristus. Coba kita baca 1 Korintus 1:7-8 (TB)  Demikianlah kamu tidak kekurangan dalam suatu karunia pun sementara kamu menantikan penyataan Tuhan kita Yesus Kristus. Ia juga akan meneguhkan kamu sampai kepada kesudahannya, sehingga kamu tak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus Kristus.

"Ia akan meneguhkan kamu"; Ada diantara jemaat yang mulai mempertanyakan janji Allah: apakah betul Kristus akan datang? Sehingga mereka bergeser dari kesetiaan awal. Apalagi kotbah para rasul secara menyakinkan bahwa Tuhan itu akan segera datang. Ditambah lagi permasalahan di jemaat Korintus; mereka terkotak-kotak dalam beberapa kelompok. Ada kelompok Apolos, Paulus dan Kefas. Disinilah Paulus meyakinkan jemaat agar tetap kuat dan teguh dalam menantikan Yesus Kristus. Tuhan itu setia, Dia yang memanggil kita dalam persekutuan kudus akan memenuhi janji pada waktunya.

Sahabat yang baik hati! Apa gang disampaikan oleh Paulus merupakan seruan kepada kita di jaman kini: tetaplah setia di dalam iman dan berpengharapan dalam penantian kedatangan Kristus. Kita harus memelihara hidup kudus dan tak bercacat agar kita mewarisi janji Allah. Siapa yang setia akan memperoleh mahkota, tapi yang tidak setia akan  kehilangan warisan yang dijanjikan (band Wahyu 2:10). Kita dipanggil untuk menerima kasih karunia, setialah Tuhan segera datang.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...