Rabu, 30 Mei 2018

JANGAN TAKUT


JANGAN TAKUT...!

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah kita menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Kamis, 31/05/2018

2 Timotius 1:7 (TB)  Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.
2 Timothy 1:7 (RSV)  for God did not give us a spirit of timidity but a spirit of power and love and self-control.

Timotius adalah pelayan muda; ibunya seorang Yehuda dan ayahnya Yunani. Selain teman sepelayanan, Timotius sendiri merupakan anak rohani bagi Paulus. Timotius diberi kepercayaan untuk tugas dan tanggung jawab besar melayani salah satu jemaat yaitu di Efesus (1 Tim 1:3). Kota Efesus banyak kuil, ahli seni dan para filsuf yang mengandalkan pengetahuan. Paulus pernah menghadapi ahli seni Demetrius di kota Efesus yang membuat kerusuhan karena tak berterima akan pandangan Paulus yang meniadakan dewa-dewa buatan tangan manusia (Kis 19), kotbah tersebut membuat dia kehilangan pendapatan. Bagi Paulus keselamatan  hanya di dalam Yesus Kristus. Menghadapi Dimetrius, Paulus harus bijaksana, dan disitulah urgensinya agar ada rasul atau pemimpin yang menetap di Efesus. Paulus mengutus Timotius, sekalipun masih muda, dia memiliki integritas yang baik, cakap dan pribadi yang matang. Paulus mengenalnya karena dia anaknya secara rohani. Memperlengkapi Timotius,  Paulus memberikan saran-saran lewat surat pastoral.

Salah satu pesan Paulus adalah renungan pagi ini: Jangan Takut! Paulus menjelaskan bahwa Tuhan memberikan kepada kita bukan roh ketakutan tetapi Roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban. Umumnya "Roh ketakutan" di dalam diri membuat orang kehilangan produktifitas, kehilangan kesempatan dan nyaman dengan rasa malas.

Renungan pagi ini memotivasi kita untuk melalukan hal-hal yang produktif dalam pelayanan dan pwkerjaannkota masing-masih, karena kita telah menerima Roh Keberanian bukan roh ketakutan.

a. Kekuatan; kekuatan bahasa Yunani "dunamis". Dari kata ini kita mengenal dynamit, suatu material yang memiliki daya ledak. Dalam dunia pertambangan Dynamit dipakai untuk menghancurkan bebatuan keras agar unsur material tambang dihasilkan.  Maka demikianlah Roh Kudus di dalam diri orang percaya, memiliki peran untuk.membangkitkan kekuatan dan enegrgy bagi setiap.orang untuk bertumbuh di dalam Kristus. Kuasa ini memiliki pengaruh besar menggerakkan dan mengubah pribadi seseorang kepada kebaikan.

b. Kasih; kasih adalah nilai universal yang luhur, dan setiap orang yang melakukannya memiliki pribadi mulia. Sebelum naik ke Sorga,  Yesus memerintahkan murid-muridNya agar tinggal di dalam kasih. Yohanes 13:34-35 (TB)  Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.
Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi."
Pengajaran ini penting; kasih akan menggerakkan setiap orang untuk menerima yang mulia. Karena kasih adalah pengorbanan untuk kebaikan orang lain.

c. Ketertiban:  tertib merupakan lawan kata chaos. Chaos menggambarkan dunia sebelum penciptaan yaitu kacau balu. Maka Tuhan menciptakan dan menatanya sehingga tertata dengan baik dan apa yang dilihat Tuhan atas ciotaanNya: segala ciptaannya baik adanya. Dalam kehidupan berjemaat (baca: bergereja) harus tertib, tidak boleh seenaknya melakukan apa saja menurut kehendak pribadi (ego). Jemaat yang dipersukutukan harus hidup didalam keteraturan dan tertib. Tuhan tidak senang akan kekacauan tetapi hadup dalam displin rohani yang tertib.

Sahabat yang baik hati! Peranan Roh Kudus di dalam hati orang percaya menjadi semngat baru bagi kita. Roh Kudus akan memampukan orang percaya menjadi kuat dan tangguh melakukan tugas dan tanggungjawab masing-masing. Hiduplah dalam kasih - pengorbanan,  Roh Kudus akan mengatur dan menata hidup kita menuruti kehendak Allah.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan  melimpahkan segala kebaikan dalam hidupn anda. Amin

Salam
#Nekson  M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...