Minggu, 13 Mei 2018

DENGAR DAN JAWABLAH AKU

DENGAR DAN JAWABLAH AKU

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Senin, 14/05/2018

Mazmur 27:7 (TB)  Dengarlah, TUHAN, seruan yang kusampaikan, kasihanilah aku dan jawablah aku!

Psalm 27:8 (RSV)  Hear, O LORD, when I cry aloud, be gracious to me and answer me!

Kotbah minggu kemarin dari 2 Raja-raja 20:1-7 merupakan salah satu contoh yang memberikannharaoannbaginkita, sekalipun sudah ditetapkan Hizkia akan mati namun Tuhan mendengarkan doa Hizkia dan diberi kesembuhan dan menambahkan umurnya 15 tahun. Dari pengalaman Hizkia ini kita disegarkan kembali bahwa doa dapat mengubah segalanya (Band. Mat 21:22). Benar bahwa doa besarbkuasanya baginorang beriman.  Sekalipun keputusan Tuhan sudah final, Nabi Yesaya disuruh untuk menyampaikan bahwa Hizkia akan mati. Dalam doanya Hiszkia menangis dan memohon kepada Tuhan agar mengingat kasih setianya. Memang ada kesan seolah Hizkia memohon dengan alasan dia sudah bebuat baik dihadapan Tuhan oleh sebab itu Hizkia meminta agar Tuhan mengubah keputusannya.

Perlu disampaikan bahwa kemujuran yang kita terima bukanlah karena usaha atau perbuatan baik kita, sama sekali tidak. Kemujuran adalah merupakan kasih karunia Tuhan atau pengasihan Allah. Jika budi baik membuat membuat orang memperoleh kemujuran, faktanya banyak orang baik dalam hidupnya namun ditimpa hal buruk.  Harold Kusner pernah membuat suatu Essey dalam buku yang sangat terkenal: When Bad Things Happen To Good People. Ada kalanya hal buruk yang terjadi pada orang baik, supaya nyata kehendak Allah. Allah mengetahui apa yangvterjadi pada diri kita. Ada kalanya orang baik ditimpa kemalangan, bukannkarwna perbuatannya namun untuk mengujinya. Kemalangan tidak selamanya buah perbuatan atau dampak dosa seseorang. Ada kemalangan terjadi karena kehendak Allah akan dinyatakan. Harold Kusner dalam buku ini menganalisa kisah Ayub: tak ada alasan bagi kita untuk tidak setia pada Tuhan baik hal baik maupun hal buruk terjadi pada kita. Mari lanjutkanlah hidup dengan penuh kesetiaan dan berpengharapan pada Tuhan.

Inilah yangbdialamimoleh Daud dalam Mazmur 27 ini. Dalam keadaan tersesak dan beban  namun lakukanlah seperti doa Daud dalam berbeban beratbdia tidak berputus asa. Dia menyampaikan permohonan kepada Tuhan dan dia percaya Tuhan akan menolong dan menjawab doanya. Dalam ayat 2: dijelaskan Daud dalam keadaan tertekan habis: karena musuhNya menekannya habis-habisan dan memakan dagingnya.  Selanjutnya musuhmya sudah berkemah mengepung dan mengelilinginya (ay 3), Namun musuhnya tergelincir dan dalam keadaan terkepung dia tidak takut, teyapi yakin Tuhan akan menjawab dan menolongnya.

Dengarlah Tuhan seruan yang kusampaikan, kasihanilah dan jawablah aku. Semua kalimat itu tidak pernah memposisikan pertolongan adalah haknya, namun Daud menempatkan diri pada pihak yang bermohon,  seorang yang minta belaskasihan dan seorang yang meminta sangat dalam yang sulit untuk ditolak.

Sahabatnyang baik hati; inilah hal yang kita yakini dalam hidup ini dan menjadi alasan untuk senantiasa berpengharapan, karena Tuhan mau mendengar dan menjawab doa kita. Pertolongannya tidak pernah terlambat, tetapi indah pada waktunya. Tuhannakan bersegera menjawab doa kita.

Sahabatku! Kita semua berduka dan meratapi kejadian teror Bom di Surabaya, Minggu 13  Mei 2018. Ketiga gereja yang dibom tersebut adalah: Gereja St Clara, GKI Diponegoro dan GPPS Arjuna biarlah kita berdoa untuk keluarga jemaat yang korban bom teror tersebut kuat dan teguh serta yang masih dirawat diberi kesembuhan. Demikian juga dengan kita semua jangan surut, namun terus melawannya dengan pirnsip yang kuat: kami tidak takut. Tuhan menjawab dan mendengar doa kita. Kita berdoa agar aparat dapat menumpas teroris sampai keakar-akarnya dan seluruh element masyarakat bergandeng tangan untuk melawan teroris di Indonesia.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup anda. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...