Senin, 21 Mei 2018

KAMU ADALAH BAIT ALLAH

KAMU ADALAH BAIT ALLAH

Selamat Pagi! Sahabat yang baik, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Selasa, 22/05/2018

1 Korintus 3:16 (TB)  Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? 

1 Corinthians 3:16 (RSV)  Do you not know that you are God's temple and that God's Spirit dwells in you?

Bagi bangsa Israel  Bait Allah  sangat penting bukan hanya dalam kehidupan beragama namun juga dalam kehidupan berbangsa. Sejak merebut Sion, Daud telah menetapkan Yerusalem sebagai pusat kerajaan Israel dengan mendirikan istana Daud dan bermaksud menjadikan pusat peribadahan dengan memindahkan Tabut Perjanjian dan rencana pembangunan Bait Allah. Namun pembangunan diijinkan oleh Allah  pada masa Salomo. Tabut Perjanjian berisi Hukum Taurat, Manna dan tongkat Harun dimasukkan di ruang Maha Kudus dalam Bait Allah. Hal ini sangat penting, Tuhan yang membebaskan bangsa Israel dari Mesir dengan tangan yang kuat dan  memimpin mereka di perjalanan gurun, hadir dan berada di tengah-tengah umatNya, memerintah dan merajai umatNya dari Yerusalem. Raja-raja yang memerintah harus taat kepada Allah. Di atas semua itu selain megah dan simbol kehadiran Allah, Bait Allah diagungkan oleh umat Israel sebagai tempat yang kudus, tempat yang dirindukan setiap orang, aman dan nyaman dalam rumah Tuhan.

Arti Bait Allah demikianlah dipergunakan oleh Paulus untuk menyentuh jemaat Korintus agar mereka memelihara diri dari dosa dan kejahatan. Menjaga hidup kudus jauh dari cemar dan praktek perzinahan dan perbuatan amoral lainnya. Tidak tahukah kamu bahwa kamu adalah Bait Allah? Pesan ini menohok jemaat Korint agar tidak bermain-main dengan tubuh ini. Memang penduduk Korintus memahami ada pengaruh pandangan Hellenis bahwa tubuh ini fana dan cemar wajar saja kalau tubuh ini berdosa dan noda asalkan memelihara hati. Namun ini ditentang oleh Paulus bagaimana mungkin manusia memelihara hatinya jauh dari cemar. Bukankah seluruh hidup (tubuh dan roh) ini adalah secara total utuh? Roh dan tubuh tidak terpisahkan, maka jika Paulus menekankan bahwa tubuhmu adalah Bait Allah, harus menjaga tubuh dari dosa dan kejahatan serta persembahkan diri kita ini menjadi hidup kudus.

Tubuhmu adalah Bait Allah, membuka hati kita agar Roh Kudus berkenan hadir di dalam hidup kita, biarlah Dia memerintah dan merajai hidup kita melakukan kehendak Allah. Roh Allah menguasai hati kita. Penjelasan tubuh sebagai Bait Allah sebagai penegasan pemeliharaan Tuhan atas hidup orang percaya. Allah akan membinasakan orang yang membinasakan Bait Allah. 1 Korintus 3:17 (TB)  Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu.

Sahabat yang baik hati! Pesan renungan pagi hari menyentuh hidup kita bahwa tubuh kita adalah Bait Allah agar kita memelihara hidup kudus. Ada gereja menjadikan nats ini anjuran bahkan larangan tidak marokok karena dengan merokok mengotori Bait Allah.  Pandangan seperti itu, sah-sah saja. Sekalipun ada yang menolaknya karena merokok merupakan hal kesehatan. Tubuhmu adalah Bait Allah jangan disederhanakan dalam hal merokok saja namun lebih dalam segala hal agar setiap pribadi menjaga tubuh dan anggota tubuhnya agar tetap kudus karena kita adalah persekutuan orang kudus yang seharusnya hidup kudus. Kamu adalah Bait Allah mengingatkan kita agar anggota tubuh ini dapat kita jaga dan dikontrol agar agar tidak menjadi alat dosa tetapi harus dipergunakan menjadi alat Tuhan. Anggota tubuh dipergunakan untuk melayani Tuhan. Itulah sebabnya Paulus menyampaikan: Roma 12:1 (TB)  Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.

Sahabatku! Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam
#Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...