Minggu, 02 Juni 2019

KRISTUS KEPALA SEMUA PEMERINTAH DAN PENGUASA

KRISTUS KEPALA SEMUA PEMERINTAH DAN PENGUASA

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi Dan motivasi bagi Kita. Senin 03/06/2019

Kolose 2:10 (TB)  dan kamu telah dipenuhi di dalam Dia. Dialah kepala semua pemerintah dan penguasa.

Colossians 2:10 (RWV)  And ye are complete in him, who is the head of all principality and power:

Nas ini seharusnya harus disatukan dengan ayat 9 untuk menjelaskan kuasa dan otoritas Kristus seluruh ciptaan. Kristuslah kepala segala pemerintah dan kuasa-kuasan dunia. Tak ada satu kuasapun di dunia ini yang tidak tahluk di dalam Kristus Yesus. Penjelasan ini penting untuk mensiasati filsafat kosong di kalangan Yunani.  Suatu paham yang mengajarkan bahwa setiap unsur-unsur dunia (kosmos) diperintah atau tunduk pada kuasa roh tertentu. Manusia tidak dapat bebas dari kuasa penguasa itu, harus tunduk dan mengikuti ritus dan yang dikehendaki penguasa-penguasa kosmis.

Manusia secara alamiah sering memahami semacam itu apalagi dekat dengan pemahaman kepada supra natural. Sangat gampang ditakut-takuti dan mudah diombang-ambing oleh rupa-rupa pengajaran. Ini sering kita lihat dalam praktek agama pagan. Hal inilah yang ditentang Paulus karena semua element-element atau unsur-unsur dunia ini berada dibawah kuasa dan otoritas Kristus.

Bagi Paulus, jika masih ada orang mengajarkan filsafat kosong seperti itu adalah suatu kekonyolon dan kebodohan karena dunia ini dan segala unsur-unsur dunia telah ditahlukkan oleh kuasa Kristus melalui kematian dan kebangkitanNya.

Jika ada ajaran-ajaran yang menganjurkan dan mengharuskan orang yang telah percaya kepada Yesus Kristus untuk melakukan ritus-ritus tertentu untuk mencapai kebebasan jiwa dan keselamatan itu adalah filsafat kosong yang menyesatkan. Kolose 2:8 (TB)  Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus.

Paulus sangat tegas, di dalam Kristus segala kuasa telah takhluk dan semuanya dibawa penguasaan dan otoritas Kristus. Karena itu kuasa Kristus yang memenuhi segala unsur-unsur dunia. Yesus Kristus telah mengalahkan dan melucuti semua itu melalui kemenangannya di kayu salib dan kebangkitannya dari kematian. Kolose 2:15 (TB)  Ia telah melucuti pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa dan menjadikan mereka tontonan umum dalam kemenangan-Nya atas mereka.

Di dalam Surat Filipi, Paulus menjelaskan ketaatan Kristus menjadikan Yesus ditinggikan diatas segala nama. Filipi 2:9-10 (TB)  Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,
supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,

Sahabat yang baik hati! Barang siapa yang percaya kepada Yesus Kristus bukan lagi tunduk pada kuasa-kuasa dunia. Setiap orang percaya yang telah dibaptis telah ikut di dalam kematian dan kebangkitan Kristus. Karena itu kita bukan hamba dosa atau diperbudak oleh kuasa lain tetapi sepenuhnya diperintah dan tunduk di dalam kuasa Yesus Kristus. Karena itu jangan tergoda akan rupa-rupa yang menggiurkan dan jangan tersesat oleh tipu muslihat iblis lewat filsafat kosongnya. Tetapi Hiduplah di dalam penguasaan Kristus yang diterangi dan didasari oleh iman yang teguh.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkansegala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...