Kamis, 20 Juni 2019

JANGAN TERBAWA ARUS!

JANGAN TERBAWA ARUS

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi Kita. Jumat, 21/06/2019

Ibrani 2:1 (TB)  Karena itu harus lebih teliti kita memperhatikan apa yang telah kita dengar, supaya kita jangan hanyut dibawa arus.

Hebrews 2:1 (RWV)  Therefore we ought to give the more earnest heed to the things which we have heard, lest at any time we should let them slip.

Hati-hati jangan TERBAWA ARUS! Nasihat seperti ini sering disampaikan kepada kita dijaman now. Baik dari orang tua kepada anak-anak, guru kepada murid, pemimpin terhadap bawahannya apalagi pendeta terhadap jemaatnya. Mengapa hal ini terus dinasehatkan? Karena dunia itu terus berputar ibarat arus yang deras dan kencang, siapa saja bisa dihayutkan.

Kita sadari atau tidak, kita berada di dalam dunia yang terus berubah, bergeser dari satu nilai ke nilai yang lain, dari paradigma yang satu ke paradigma yang lain. Mungkin dulu paling berharga sekarang tiada bernilai. Dulu mungkin dikejar orang namun kini dihindari orang. Peradaban ini memang seperti arus yang deras yang siap menghayutkan siapa saja dan apapun. Siapa saja pun bisa terseret tanpa membedakan status sosial. Hati-hatilah agar jangan terbawa arus yang tidak tahu pasti kemana arahnya.

J. Warneck, Ephorus kedua di Gereja Batak setelah IL.Nommensen pernah mengingatkan hal ini dengàn kotbahnya: "Jaga ma hamu sotung dibondut tondi ni jaman on angka ianakhonmuna." (Waspadalah jangan sampai roh jaman ini menelan anak-anakmu). Suatu peringatan dari rohaniawan di kala bangsa Batak mulai mengalami kemajuan dan pencerahan. Sudah ada pendidikan, dunia semakin terbuka, arus keluar masuk Tapanuli mulai terbuka lebar. Perubahan jaman harus diantisipasi dengàn Iman yang telitu, tangguh dan mau memperoleh pendidikan jika tidak akan ikut arus dan ditelan jaman.

Kotbah J.Warneck itu  berangkat dari apa yang diingatkan oleh Ibrani 2:1 ini yang mengingatkan jemaat mula-mula agar tidak terbawa arus jaman.
Jika dunia berputar, nilai bergeser, paradigma bergeser namun satu hal yang tidak berubah yaitu Yesus Kristus. Ibrani 13:8 (TB)  Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya.

Sahabat yang baik hati! Sangat relevan Firman ini bagi Kita saat ini sangat terbawa arus! Arus dunia yang menghayutkan kita, arus dunia yang mempengaruhi kita bergesar dsri nilai-nilai yang kita iman. Mari berdiri kuat di dalam iman yang kokoh di dalam satu nama: Yesus Kristus.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengàn melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amen

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...