Selasa, 11 Juni 2019

ROH MEMBANTU DALAM KELEMAHAN KITA

ROH MEMBANTU DALAM KELEMAHAN KITA

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuha  sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Rabu 12/06/2019

Roma 8:26 (TB)  Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

Romans 8:26 (RWV)  Likewise the Spirit also helpeth our infirmity: for we know not what we should pray for as we ought: but the Spirit himself maketh intercession for us with groanings which cannot be uttered.

Ayat ini merupakan salah satu nas emas yang selalu saya sampaikan dalam memberikan peneguhan bagi jemaat yang menghadapi pergumulan. Kita harus percaya dalam segala keadaan Tuhan bekerja mendatangkan kebaikan bagi kita.

Penjelasan ini menampik pandangan yang keliru di kalangan jemaat perihal penyertaan Tuhan, Tuhan seolah meninggalkan umatNya ketika mengalami kesusahan. Bukankah sering kita dengar: "Di manakah Tuhan ketika umatNya menderita?" Apakah Tuhan membiarkan umat yang dikasihiNya berjalan dalam kesesakan dan penderitaan yang tidak terkatakan? Pandangan semacam itu adalah keliru.  Penyertaan Tuhan tampak bukan hanya pada saat kita menerima berkat dan hidup yang penuh sukacita dan hidup berkelimpahan. Di dalam penderitaan sekalipun Tuhan bekerja mendatangkan kebaikan bagi kita orang percaya. Jadi Allah bekerja dalam suka dan duka, air mata dan tawa; dalam segala keadaan Tuhan bekerja mendatangkan kebaikan. Penderitaan kadang mematangkan kita untuk lebih kuat dan menghasilkan karakter pribadi yang tangguh.

Jika terjadi penderitaan dan kesesakan bukan berarti Tuhan meninggalkan kita, tetapi melalui penderitaan ada rencana Allah yang indah dalam hidup ini, yaitu menumbuhkan pengharapan. Roma 5:3-5 (TB)  Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.
Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.

Dari nats renungan di pagi ini Paulus membuktikan suatu penjelasan bahwa penyertaan Allah dalam hidup orang percaya hadir melalui Roh Kudus. Roh bekerja meneguhkan, menghibur dan membimbing orang dalam kebenaran. Roh turut berdoa untuk orang-orang kudus. Dalam keadaan menderita yang sulit terkatakan kata orang speakless, Roh Kudus membantu kita dalam kelemahan kota.  Roma 8:26 (TB)  Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

Allah bekerja menembus batas logika manusia. Bahkan, Allah bekerja mendatangkan kebaikan bagi umatNya kebalikan logika berpiki manusia  seperti syair lagu KJ No 408
1. Di jalanku 'ku diiring oleh Yesus Tuhanku.
Apakah yang kurang lagi, jika Dia Panduku?
Diberi damai sorgawi, asal imanku teguh.
Suka-duka dipakaiNya untuk kebaikanku;
Suka-duka dipakaiNya untuk kebaikanku.
2 Di jalanku yang berliku dihiburNya hatiku;
bila tiba pencobaan dikuatkan imanku.
Jika aku kehausan dan langkahku tak tetap,
dari cadas didepanku datang air yang sedap;
dari cadas didepanku datang air yang sedap.

Logika umum tentu untuk mendapatkan air yang sejuk seseorang akan dibimbing ke oase, danau atau ke pinggiran aliran sungai agar mendapatkan air sejuk.  Namun lihatlah dalam perjalanan Israel di padang gurun Tuhan dapat mendatangkan air yang sedap dari batu padas. (Baca Keluaran 27:6dst)

Sahabatku yang baik hati! Dalam segala keadaan Tuhan dapat bekerja mendatangkan kebaikan bagi kita. Maka tugas kita adalah mengikut Yesus dalam segala keadaan. Menjalani hidup penuh pengharapan, dalam segala keadaan Tuhan mengatur hidup kita baik menurut kehendaknya.  Setialah dan berdoalah senantiasa bahwa Tuhan turut bekerja mendatangkan  kebaikan bagi kita.

Sahabatku, biarlah segala kebaikan dan kasih karunia Tuhan Yesus Kristus menyertai saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...