Jumat, 21 Februari 2020

TINGGIKANLAH TUHAN

TIGGIKANLAH TUHAN

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan inspirasi dan motivasi bagi kita semua. Sabtu, 22/02/2020

Mazmur 99:9 (TB)  Tinggikanlah TUHAN, Allah kita, dan sujudlah menyembah di hadapan gunung-Nya yang kudus! Sebab kuduslah TUHAN, Allah kita!

Psalms 99:9 (RWV)  Exalt the LORD our God, and worship at his holy hill; for the LORD our God is holy.

Mungkin kita spontan mengatakan mengapa Tuhan ditinggikan? Bukankah Tuhan itu sudah berada di tempat yang  maha tinggi? Bahkan dalam bahasa Yunani berada di "uranous" yang dapat juga diterjemahkan di langit ke tujuh. Dalam PL, ketika Tuhan memperkenalkan diri kepada Abraham, Tuhanlah yang empunya langit bahkan mengatasi langit diatas segala langit. Ulangan 10:14 (TB)  Sesungguhnya, TUHAN, Allahmulah yang empunya langit, bahkan langit yang mengatasi segala langit, dan bumi dengan segala isinya;

Tentu masih banyak lagi ayat-ayat Alkitab yang menunjukkan bahwa Tuhan itu Maha Tinggi, Mahamulia dan Agung. Bahkan manusia sungguh tak dapat terjangkau Tuhan dengan segala keberadaannya.

Ajakan Mazmur untuk meninggikan Tuhan adalah untuk menyadari keberadaan Tuhan dalam hidup manusia. Dengan menyadari keberadaan Tuhan yang serba maha itu, maka manusia:

1. Diajak untuk menjadi penyembah Allah, satu-satunya Allah yang menciptakan langit dan bumi dan segala isinya. Dia juga yang empunya segalanya dan menentukan segala sesuatu yang terjadi ciptaanNya. 

Dalam setiap ibadah minggu, selalu ada unsur liturgi yang disebut dengan "doxologi" artinya pujian untuk mengagungkan Tuhan.  Formula itu dirumuskan dengan kalimat: "Kemuliaan bagi Allah di tempat yang maha tinggi" dan semua jemaat menjawab: Amin.

Bagi kaum Israel untuk mengajarkan ini mereka membuat satu formula yang dihapalkan yang disebut dengan SHEMA. SHEMA itu tertulis pada Ulangan 6:4-9  "Dengarlah, hai orang Israel: TUHAN itu Allah kita, TUHAN itu esa!...dst.
Dalam setiap ibadah-ibadah mereka akan ada pujian atau tahlil. Seluruh umat wajib meninggikan Tuhan.

2. Meninggikan Tuhan berarti menempa diri menjadi orang-orang yang rendah hati dan sujud di hadapan Tuhan. Kita adalah debu tanah yang diciptakan Tuhan segambar dengan rupa Allah dan memberikan nafas kehidupan serta akal bagi manusia maka bagaimana pun keberadaan kita selalu rendah hati karena hanya Tuhanlah yang patut ditinggikan dan di muliakan.

Sahabat yang baik hati! Marilah mengikuti ajakan Mazmur ini untuk.meninggikan Tuhan. Ajakan ini wajib kita respon karena segala perbuatan Tuhan yang telah mengangkat kita menjadi anak-anakNya. Sesungguhnya kita adalah tanah liat, atau mungkin kita adalah sebutir pasir di antara semua ciptaan Tuhan. Namun kita berharga di mata Tuhan, memelihara dan menebus kita dari kematian.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...