Senin, 17 Februari 2020

CIPTAAN BARU DI DALAM KRISTUS

CIPTAAN BARU DI DALAM KRISTUS 

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita semua. Selasa, 18/02/2020

2 Korintus 5:17 (TB) Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. 2 Corinthians 5:17 (RWV) Therefore if any man is in Christ, he is a new creation: old things have passed away; behold, all things have become new. Ciptaan baru istilah yang dipergunakan oleh Paulus agar lebih mudah membedakan keselamatan di dalam Yesus Kristus. Setiap ornag yang percaya kepada Yesus Kristus adalah ciptaan baru dan memasuki manusia baru. Jika pada manusia lama manusia mewarisi dosa asali Adam, maka di dalam Kristus kita mewarisi kasih karunia Kristus. Di dalam Kristus manusia lama dan dunia yang lama telah berlalu. Kita diseberangkan dari kematian kepada kehidupan. Kejatuhan manusia dalam dosa akan terus mewariskan dosa dan upah dosa adalah maut. Tidak seorang pun yang dapat menyangkal hal itu pada dirinya. Syukur kepada Allah yang menciptakan kita menjadi baru. Kristus melalui kuasa kematian dan kebangkitanNya telah menyeberangkan manusia dari kematian kepada kehidupan yang kekal. Allah menciptakan manusia, segambar dengan rupa Allah namun oleh dosa, citra kesegamabaran dengan rupa Allah telah rusak oleh dosa. Dosa merusak hubungan dengan Tuhan, merusak hubungan dengan sesama, merusak hubungan dengan alam bahkan merusak hubungan manusia dengan dirinya sendiri. Penebusan Kristus membuat manusia menjadi ciptaan baru, yang memulihkan citra kesegambaran dengan rupa Allah. Sebagai manusia baru hbungan manusia dengan Allah, sesama, alam danndiri sendiri dipulihkan kembali menurut kehendak Allah.

Apakah konsekwensi manusia baru? Memasuki suatu dunia baru tentu bersedia mematuhi ketentuan baru. Jika pada manusia lama manusia berpusat pada keinginan sendiri, kmemenuhi kepuasan diri sendiri dan ingin mencapai "sama dengan Allah". Maka di dalam ciptaan baru, Allah telah mencapai manusia dan mengambil rupa sama dengan manusia. Penciptaan manusia baru bertujuan agar hidup manusia berpusat pada Kristus. Manusia hendak meninggalkan hakekat yang berpisat pada diri sendiri menjadi manusia yang yang berpusat kepada Kristus. 2 Korintus 5:15 (TB) Dan Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup, tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk mereka. Karena itu, hukum yang berlaku dalam manusia baru adalah hukum Kristus: mengasihi, mengampuni dan berguna bagi orang lain. 

Sahabat yang baik hati! Inilah panggilan kita menjadi manusia baru di dalam Kristua. Hidup yang megabadikan diri bagi semua orang. Manusia baru adalah hidup yang berpusat pada Kristus yang mempersembahkan diri berguna bagi orang lain dan demi kemuliaan nama Tuhan.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

 Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...