Kamis, 20 Februari 2020

KEMATIAN KEDUA BAGI YANG TIDAK SETIA

KEMATIAN KEDUA BAGI YANG TAK SETIA

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa membaca dan merenungkan Firman Tuhan sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Jumat, 21/02/2020

Wahyu 21:8 (TB)  Tetapi orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya, orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang kedua."

Revelation 21:8 (RWV)  But the fearful, and unbelieving, and the abominable, and murderers, and immoral persons, and sorcerers, and idolaters, and all liars, shall have their part in the lake which burneth with fire and brimstone: which is the second death.

Jika renungan kemarin, Kamis 20/02/2020 tentang upah kemenangan bagi orang yang setia maka renungan hari ini merupakan hukuman kepada orang jahat, yang melakukan perbuatan-perbuatan tercela dan tidak setia dalam iman.
Perbuatan-permuatan dimaksud diuraikan secara jelas: orang-orang penakut, orang-orang yang tidak percaya, orang-orang keji, orang-orang pembunuh, orang-orang sundal, tukang-tukang sihir, penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta, mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang; inilah kematian yang kedua."

Jika kita lihat daftar perbuatan buruk sebagaimana disebutkan diatas merupakan kekejian bagi Tuhan dan perbuatan buruk yang sangat dibenci oleh masyarakat umumnya. Maka gereja harus ikut ambil bagian menjaga dan memelihara diri agar tetap hidup menurut kehendak Allah: mengasihi, menghasilkan yang baik dan segala perbuatan yang berguna bagi ornag lain. Sebaliknya mereka yang mengabaikan kehendak Allah dan melibatkan diri dengan perbuatan-perbuatan kekejian bagi Tuhan menerima hukuman yang kekal.

Pemberitahuan kematian kedua ini sekaligus sebagai peringatan keras kepada semua orang percaya agar menjaga diri dari setiap perbuatan yang bercela dan tidak berkenan di hadapan Tuhan.

Ada memang orang yang tidak percaya pada kebangkitan. Mereka mengajarkan manusia hanya hidup di dunia sekali saja, selesai itu berakhirlah segalanya dan kematian adalah akhir. Maka selagi masih hidup, nikmatilah hidup ini.

Alkitab menjelaskan bahwa dibalik kematian akan ada kehidupan. Semua orang akan mati, namun akan dibangkitkan kelak. (Band 1 Tes 416-18 dan 1 Korintus 15:51-52). Kristus akan datang kelak untuk menghakimi orang yang hidup dan mati. Barangsiapa yang percaya akan memperoeh hidup yang kekal, sebaliknya barang siapa yang tidak percaya menerima hukuman yaitu kematian yang kedua.

Dengan adanya ajaran tentang kebangkitan hidup, manusia diingatkan di dunia ini kelak akan mempertanggung jawabkan kehidupannya di penghakiman terakhir. Di penghakiman akhir akan ada buku kehidupan yang mencatat segala perbuatan selama hidupnya. Tuhan maha tahu,  karena itu tidak seorangpun yang dapat membela perbuatannya semuanya terulis dalam buku kehidupan.

Sahabat yang baik hati! Ada satu lagu dalam BE HKBP No 528  mengingatkan perjalanan hidup ini:

1. Tudia ho dung mate ho, sai pikkir ma tu dia ho
Jempek tingkim, ujung na ro, Tu dia ho dung mate ho,
Dung mate ho, dung mate ho, sai pikkir ma tudia ho.
Jika ajalmu t’lah tiba

(terj: Kemana kau, renungkanlah
Singkat hidupmu, maut tiba
Kemana kau, renungkanlah
Karena maut seg’ra tiba
Kemana kau, renungkanlah)

3. Lilu do ho di dosami, mago do ho, mago do ho.
Unang be togang, mulak, ro! Tu dia ho, dung mate ho?
Dung mate ho …..

(Dosamu membutakanmu
Kau tersesat, kau tersesat
Jangan keraskan hatimu
Bertobatlah, kembalilah
Karena maut seg’ra tiba
Kemana kau, renungkanlah)

Lagu ini senantiaaa mengingatkan kita, kemanakah kita kelak. Apakah memperoleh kehidupan yang kekal atau kematian yang kekal. Keputusannya ada pada kita. Yesus telah datang ke dunia ini dan  menyediakan kehidupan yang kekal orang yang percaya kepadanya.

Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin

Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...