Selasa, 22 September 2020

KAMI ADALAH HAMBA YANG TIDAK BERGUNA

 FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN

Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi

Rabu, 23 September 2020


KAMI ADALAH HAMBA YANG TIDAK BERGUNA


Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan 


Lukas 17:10 (TB)  Demikian jugalah kamu. Apabila kamu telah melakukan segala sesuatu yang ditugaskan kepadamu, hendaklah kamu berkata: Kami adalah hamba-hamba yang tidak berguna; kami hanya melakukan apa yang kami harus lakukan."


Luke 17:10 (RWV)  So likewise ye, when ye shall have done all those things which are commanded to you, say, We are unprofitable servants: we have done that which was our duty to do.


Ada dua kesalahan dalam menafsirkan nats tentang hamba yang tidak berguna. Pertama: seolah menekankan ketidak sempurnaan siapapun hamba Tuhan memang tidak sempurna dalam segalanya jadi tak usah berharap banyak. Kedua, seturut dengan pertama yakni karena hamba Tuhan tak sempurna, maka menjadi alasan untuk memaklumi kelemahan bahkan kesalahan. 


Padahal nats ini sama sekali bukanlah berbicara tentang ketidak sempurnaan seorang hamba Tuhan dan memaklumi kelemahan. Nats ini adalah kesunghuhan hati seorang hamba Tuhan melaksanakan tugas-tugasnya semaksimal mungkin dan sesempurna mungkin. Diatas semua apa yang dikerjakan hamba Tuhan tetap rendah hati karena hamba Tuhan adalah pelayan, yang berusaha melakukan apa yang diperintahkan oleh tuannya. Jadi nats ini sama sekali bukankah bermaksud.mengfirinf opini pemakluman atas kelemahan tetapi kerendahan hati atas segala pekerjaan yang dilakukan seorang hamba Tuhan secara maksimal. 


Kerendahan hati Hamba Tuhan dilihat dari ketaatan. Pekerjaan adalah amanat atau mandat, mengerjakan apa yang diperintahkan, bukan melakukan apa yang disukai dan dikehendaki. Banyak keinginan seorang hamba Tuhan, namun sebagai hamba Tuhan harus taat pada amanat dan mandat yang diberi. Saat seorang hamba menyimpang dari mandat yang diberi itu berarti hamba yang tidak setia. Penyelewengan amanat adalah dosa dan kejahatan di mata Tuhan.


Kerendahan hati seorang hamba Tuhan ada pada kesungguhannya melakukan tanggung jawab. Hal itu dilihat "kami hanya melakukan  apa yang harus kami lakukan". Dalam bahasa Batak disebut: "intap ulaon na patut do huula hami" artinya sudah melakukan semaksimal mungkin apa yang bisa dikerjakan dan melakukan pekerjaannya sesuai dengan etika namun harus merasa bahwa itu maaih kurang memuaskan. Seorang hamba Tuhan memiliki etika kerja yang baik. Etika adalah sikap seseorang yang melakukan apa yang seharusnya dilakukan atau "what should be". Ada hukum, ada norma dan ada moralitas didalam diri hamba Tuhan. Hukum adalah peraturan bersama, norma adalah kebiasaan umum yang diterima bersama dan moralitas adalah kualitas pribadi seseorang untuk hidup menurut kebenaran. Demikianlah seorang hamba Tuhan melakukan pekerjaan dan pelayannnya. 


Kerendahan hati seorang hamba Tuhan, sekalipun sudah maksimal dan mencapai apa yang seharusnya dikerjakan tidak akan sombong dan memuaskan diri sendiri. Apa yang baik yang dikerjakannya seolah kurang dan kurang. Sikap demikian membentuk dan mengasah dirinya untuk melakukan yang terbaik dari waktu ke waktu. Seorang hamba Tuhan yang rendah hati tidak akan pernah puas diri tetapi akan tetap menjadi seorang murid yang belajar dan belajar, bekerja dan bekerja dan melayani ubtuk.menghasilkan pekerjaan terbaik menyenangkan hati Tuhan Yesus.


Sahabat yang baik hati! Berilah diri kita ditempa menjadi hamba Tuhan yang rendah hati, tidak sombong atas apa yang dicapai tetapi retap belajar dan mengasah diri.menghasilkan buah-buah terbaik yang berkenan dihadapan Tuhan. Perintah Yesus ini bukanlah hanya kepada Hamba Tuhan dalam pendeta atau pelayan gereja namun kepada seluruh orang percaya memaknai pekerjaan dan pelayanan kita maaing-masing.


Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin


Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...