Senin, 14 September 2020

DOA SYAFAAT ABRAHAM

 FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN

Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi

Senin, 12 September 2020


DOA SYAFAAT ABRAHAM


Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan.


Kejadian 18:32 (TB)  Katanya: "Janganlah kiranya Tuhan murka, kalau aku berkata lagi sekali ini saja. Sekiranya sepuluh didapati di sana?" Firman-Nya: "Aku tidak akan memusnahkannya karena yang sepuluh itu."


Genesis 18:32 (RWV)  And he said, O let not the Lord be angry, and I will speak yet but this once: Suppose ten shall be found there. And he said, I will not destroy it for ten’s sake.


Mengapa Tuhan berdialog dengan Abraham saat hendak menghukum Sodom dan Gomora? Jika Tuhan menghukum ya dihukum saja, toh memang kejahatan Sodom dan Gomora tidak dapat lagi dimaafkan. Kelakuan mereka sudah diluar batas, sangat bejat dan penuh dengan dosa yang tak termaafkan. Namun saat mau menjatuhkan hukuman terhadap Sodom dan Gomora,ada dialog Abraham dengan Tuhan. 


Menjawab pertanyaan ini ada dua hal, yakni: di Sodom ada keluarga Abraham yang bersama-sama dengan dia keluar dari Ur-Kasdim, yakni Lot. Jika Tuhan mau menghukum Sodom dan Gomora ada kesempatan bagi Lot dan keluarga untuk keluar dan menyelamatkan diri. Kedua, iman Abraham adalah gambaran peran orang beriman, kuasa doa dapat melunakkan hati Tuhan. Orang dapat berdoa syafaat untuk keselamatan orang lain. 


Pertanyaan Abraham dalamndoa syafaat atas Sodom dan Gomora adalah apakah Tuhan menghukum orang benar jika satu kota itu telah berdosa? Tuhan adalah adil bahkan berbaik hati jika ada orang benar di situ mereka akan menjadi berkat yang dapat munakkan hati Tuhan.


Abraham yakin mulai dengan menyebutkan angka 50 orang, rupanya Tuhan menjawab jika ada orang benar 50 orang di Sodom, Tuhan tidak akan mendatangkan hukuman. Abraham pun menurunkan tawarannya jika kurang lima atau 45 orang?  Jawaban yang sama dari Tuhan. Abraham mulai sadar jika terus menawar bagaimana dengan 40? 30? Hingga 20 dan 10? Jawaban yang sama dari Tuhan bahwa Tuhan tidak akan menghukum kota itu jika ada orang benar 10 orang di kota itu. 


Keyakinan Abraham habis sudah karena Tuhan akan menghukum Sodom dan Gomora karena tak satupun yang dapat melunakkan hati Tuhan di kota itu. Sesungguhnya Abraham sadar akan peemintaannya, dihatinya sesunghuhnya adalah saudara Lot dan keluarganya. Dalam cerita berikutnya Lot diingatkan agar meninghalkan kota itu karena Tuhan akan menunggangbalikkan kota itu. 


Hukum Sodom dan Gomora sangat berat, ada hujan belerang dan kota itu hancur dimakan api belerang  dan tak satu pun yang hidup. Kota Sodom dan Gomora runtuh ditelan bumi. Menurut para peneliti bahwa kota Sodom dan Gomora adalah Laut Mati. Sodom dan Gomora menjadi cerita yang mengingatkan hukuman Tuhan atas kejahatan penghuni kota. 


Sahabat yang baik hati! Abraham adalah contoh yang baik dan menginspirasi kita untuk berdoa syafaat bagi orang lain. Orang percaya bukan berdoa untuk.meminta kepentingan diri sendiri tetapi berdoa jugalah untuk kesejahteraan orang lain. Kita dipanggil dan dijadikan anak-anakNya untuk menjadi berkat bagi orang lain. Peristiwa Sodom dan Gomora mengingatkan kita akan murka Allah terhadap kejahatan manusia. Jadilah penduduk kota yang benar dan percaya. Kehadiran orang benar dan percaya akan menjadi berkat dimana kita tinggal.


Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin


Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...