Kamis, 24 September 2020

BERTUMBUH DI DALAM TUHAN

FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN

Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi

Jumat, 25 September 2020


*BERTUMBUH DI DALAM TUHAN*


Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untum berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan. 


1 Korintus 3:7 (TB)  Karena itu yang penting bukanlah yang menanam atau yang menyiram, melainkan Allah yang memberi pertumbuhan. 


1 Corinthians 3:7 (RWV)  So then neither is he that planteth any thing, neither he that watereth; but God that giveth the increase.


Perbedaan adalah anugerah, karena memang sejak semula Allah menciotakan perbedaan. Manusia yang segambar dengan rupa Allah memiliki perbedaan, ada yang berambut keriring, ada yang berambut ikal. Ada yang forstur tubuhnya tambun ada yang kurus, ada yang lumayan tinggi ada seperri Daud. Bahkan apapun dapat kita jadikan perbedaan. Perbedaan adalah anugerah jika dirakit dan disagukan dengan saling membangun dan saling menghargai satu dengan yang lain. Namun sebaliknya jika perbedaan tidak dikelola dengan baik akan menjadi sumber permasalahan, gontok-gontokan, perpecahan dan pertikaian.


Gereja adalah contoh yang baik bagaimana mengelola perbedaan. Sejak semula mereka berbeda namun terus dapat mengelola perbedaan karena ada satu yang mempersatukan mereka yaitu: iman kepada Yesus Kristus. Gereja mula-mula bisa dipersatukan duduk bersama berdoa dan beribadah bersama dengan orang-orang yang berbeda: ada Yahudi adan non Yahudi, ada Yunani ada juga Romawi, ada para hamba ada juga perwira, ada banyak orang miskin namun ada juga yang keluarga yang berada. 


Memang ada saja yang mempermasalahkannya, seperti kasus di Korintus. Perbedaan menghantarkan mereka ke ambang perpecahan. Ada kelompok fanatis yang tidak membangun diantara mereka didasarkan pada pemberita Injil favorit mereka. Ada pendukung Apolos, Paulus dan Kefas, semuanya saling membenarkan diri dan menyerang kompok lain. Disinilah kesrifan Paulus sebagai hamba Tuhan, mengelola konflik di jemaat Korintus dengan baik. Solusi Paukus adalah agar mereka yang terkooptasi pada kubu-kubu diingatkan kembali kepada hal mendasar, yaitu Kristus yang membeeikan pertumbuhan. Bisa saja diterima mereka fanatik pada pembeeita Injil mereka, namun jika fanatis kepada pembeeita Injil saja mereka akan kerdil. Namun agar betumbuh, harus berkenan dipersatukan oleh Kristus dan Kristuslah yang membeeikan pertumbuhan. 


Sahabatku! Dalam hidup ini apa saja bisa kita jadikan perbedaan, namun jangan sampai perbedaan itu membuat kitankerdil, picik dan tidak bertumbuh. Lihatlah oersamaan dan maulah dibangun oleh hal-hal yang mempersafukan. Iman kepada Yssus Kristus telah menyatukan perbwdaan kita. Ada motto: Di dalam Kristus kita bersama-sama bertumbuh. Rumusan Paulus mengelola perbwdaan menjadi satu me jadi.motto gerakan oikumene: diversity in unitu, unity in diversity.


Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin


Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...