Jumat, 18 September 2020

BAIKLAH SEMUANYA MEMUJI TUHAN

FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN

Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi

Sabtu, 19 September 2020


BAIKLAH SEMUANYA MEMUJI TUHAN


Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan.


Mazmur 148:5 (TB)  Baiklah semuanya memuji nama TUHAN, sebab Dia memberi perintah, maka semuanya tercipta. 


Psalms 148:5 (RWV)  Let them praise the name of the LORD: for he commanded, and they were created.


Mazmur 148 merupakan undangan kepada seluruh jagad raya untuk memuji dan memeuliakan Tuhan. Pemamzmur menyebutkan satu persatu unsura kosmos: langit sebagai tempat yang paling tinggi dan benda-benda penerang di cakrawala untuk memuji Tuhan termasuk penghuni-penghuninya menurut cerita-cerita rakyat. Pada saat yang sama juga pemazmur mengundang bumi dan tempat yang laih dasar dibawah bumi dan segala binatang yang hidup di dalamnya diajak untuk memuji dan memukiakan Tuhan. 

Undangan ini sangat beralasan karena Tuhanlah yang patut dipuji dan sekaligus sebagai pembeeitahuan bahwa segala yang ada baik do dunia atas dan di dunia bawah tahkluk dalam kedaulatan Tuhan. 


Jika kita baca Mazmur 148 ini sesunghunya terbagi dua bahagian, bagian pertama adalah pemazmur memanggil tempat yang lebih tinggi, makhluk-makhluk yang ditempatkan di dunia atas, untuk memuji Tuhan, baik mereka yang berakal budi dan dapat melakukan pekerjaan memuji Allah itu secara aktif (ay. 1-2), maupun mereka yang tidak berakal, dan oleh sebab itu hanya dapat melakukannya secara pasif (ay. 3-6). Tidak ada unsur-unsur dunia ini yang tidak.memuji Tuhan.


Bahagian kedua pemazmur memanggil tempat yang lebih rendah, makhluk-makhluk dari dunia bawah ini, baik mereka yang hanya dapat melayani sebagai alat yang memberikan pokok pujian (ay. 7-10) maupun mereka yang, karena dikaruniai akal budi, dapat mempersembahkan korban pujian ini (ay. 11-13), terutama rakyatnya sendiri, yang mempunyai lebih banyak alasan untuk melakukannya, dan lebih berkepentingan untuk melakukannya, daripada orang lain (ay. 14).


Dari undangan itu tak satu pun tempat dibumi ini yang tidak memuliakan Tuhan, tak satupun mahkluk penghuni alam raya ini yang tidak memuji dan memuliakan Allah karena Allah adalah pencipta segala sesuatu dan oleh Dia segala sesuatu ada. Bukan hanya itu Allah telah mencipta dengan sempurna dan memerintahkan setiap ciptaan dengan fungsi masing-masing. 


Baiklah semuanya memuji Tuhan! Suatu ajakan bagi kita terkhusus bagi kita anak-anak Tuhan yang lelah merasakan kaaih karunia Tuhan. Pujiannterhadap Tuhan bukan hanya dalam ritus-ritus ibadah, namun  kita dipanghil untuk merawat dan melestarikan bumi agar sehat dan layak untuk dihuni.  Bumi yang sakit melaluimpencemaran lingkungan, pemanasan global dan fenomena alam yang tidak bersahat akan menjadi duka bagi makhluk hidup. 


Sahabat yang baik hati, marilah memenuhi panggilan pemazmur untuk ikut ambil bahagian dalam pemujian Tuhan lewat hidup kita yang beribadah kepada Tuhan. Kemudian menempa diri dengan mencintai gaya hidup yang ramah lingkungan. 


Sahabatku, Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin


Slaam: Pdt Nekson M Simanjuntak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...