Minggu, 27 September 2020

BERPALINGLAH PADAKU

 FIRMAN TUHAN SUMBER KEHIDUPAN

Kekuatan, Inspirasi dan Motivasi

Senin, 28 September 2020


BERPALINGLAH PADAKU 


Selamat Pagi! Sahabat yang baiknhati, marilah menggunakan waktu sejenak di pagi hari ini untuk berdoa, membaca dan merenungkan Firman Tuhan.


Yesaya 45:22 (TB)  Berpalinglah kepada-Ku dan biarkanlah dirimu diselamatkan, hai ujung-ujung bumi! Sebab Akulah Allah dan tidak ada yang lain. 


Isaiah 45:22 (RWV)  Look to me, and be ye saved, all the ends of the earth: for I am God, and there is none else.


Siapa pun orangnya pasti jika ditinggalkan pastibtidak enak, apalagi berikut ini: ditinggal pacar, ditinggal sahabat, ditinggal pelanggan dll. Ditinggal berarti pula diabaikan dan berlalu seolah tiada guna lagi. Tega nian mungkin itulah mungkin jawaban kita. Demikianlah perasaan Allah terhadap umatNya yang meninggalkan Allah dan berbalik pada ilah lain. 


Nabi Yesaya merupakan salah satu nabi besar yang terus mengingatkan bangsa Israel agar tetap setia kepada Tuhan, memelihara firmanNya dan berpengharapan kepada Tuhan Allah. Sekalipun banyak resiko yang dia hadapi, ditolak, dibully hingga dikucilkan. Meninggalkan Allah Israel adalah suatu kekeliruan besar, karena mereka meninggalkan penciptanya, mereka meninggalkan rajanya yang berdaulat atas segala bangsa. 


Renungan hari ini pada masa pembuangan,  dapat kita bayangkan bagaimana kehidupan umat Allah saat itu: hati yang hancur, harapan sirna dan kebanggaan mereka lenyap. Sebahagian sudah apatis dan tak percaya lagi kepada Tuhan. Apa yang dulu kebanggaan mereka sebagai umat pilihan Allah, bangsa yang diberkati dan umat kesayangan nyatanya menderita sengsara dalam pembuangan Babel. 


Disinilah Yesaya tidak berhenti memberikan semangat dan pengharapan. Allah mampu berkarya dalam segala keadaan. Tuhan adalah Pencipta alam semesta kepadanya seluruh ciptaan akan tunduk. Tidak ada alasan bagi kita untuk meragukan kekuasaan Tuhan. Yesaya 45:9 (TB)  Celakalah orang yang berbantah dengan Pembentuknya; dia tidak lain dari beling periuk saja! Adakah tanah liat berkata kepada pembentuknya: "Apakah yang kaubuat?" atau yang telah dibuatnya: "Engkau tidak punya tangan!".


Selain pencipta, Yesaya mengingatkan bahwa Tuhan itu Maha Kuasa, Dialah raja yang berkuasa atas segala bangsa. Tidak ada suku bangsa yang ada dibumi ini yang tidak dalam kedaulatan Allah. Karena itu keselamatan hanya ada pada Tuhan. Tuhan itu adalah raja diatas segala Raja, Dia dapat memerintah raja manapun di muka bumi ini untuk menjadi alatNya melakukan kehendak Allah. Keselamatan hanya ada pada Tuhan; jangan percaya kepada tukang-tukang yang membuat berhala tetapi percayalah kepada Tuhan Allah Israel. Yesaya 45:20 (TB) "Tiada berpengetahuan orang-orang yang mengarak patung dari kayu dan yang berdoa kepada allah yang tidak dapat menyelamatkan."


Berhala tak menyelamatkan, justru membuat Tuhan murka karena telah menduakan Tuhan. Allah dapat memakai siapa saja membebaskan  umatNya. Itulah yang terjadi dengan raja Koresh. Raja Koresh setelah menaklukkan Babelonia, dia memulangkan umat Allah kembali ke Yerusalem, membekali mereka dengan harta benda, serta menyediakan pembiayaan untuk membangun kembali Bait Allah dan pembangunan tembok Yerusalem. 


Itulah sebabnya Nabi Yesaya meyakinkan umat Allah dalam pembuakan dan menyerukan: kembalilah kepadaKu, keselamatan hanya ada pada Tuhan Allah Israel. Dialah pencipta dan pemelihara ciotaannya. Tuhan yang membentuk dan menjadikan Israel menjadi bangsa yang beaar, merekanharus percaya juga akan memulihkan keadaan mereka.


Sahabat yang baik hati! Ajakan Yesaya ini semakin menyadarkan kita agar percaya kepada kekuatan firman serta taat dan tunduk kepada kuasa Allah. Jauhkanlah berhala dan setia kepada Tuhan. Dalam setiap langkah hidup ini; enak dan susah, menderita dan bahagia jalanilah dalam ketaatan kepada Tuhan. Jangan menangisi keadaan, tapi nyalakanlah lilin pengharapan. Percayalah kepada Firman dan kuasa Tuhan akan dapat membuat segala sesuatu indah pada waktunya seturut kehendakNya. 


Tuhan memberkati saudara dengan melimpahkan segala kebaikan dalam hidup saudara. Amin


Salam: Pdt Nekson M Simanjuntak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...