Minggu, 05 Maret 2017

MENJADI CONTOH

MENJADI CONTOH

Selamat pagi! Saudaraku yang kekasih, marilah mengambil waktu sejenak untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan sebagai sumber kekuatan dan inspirasi bagi kita hari ini. Sabtu 04/03/2017

1 Timotius 1:16 (TB)  Tetapi justru karena itu aku dikasihani, agar dalam diriku ini, sebagai orang yang paling berdosa, Yesus Kristus menunjukkan seluruh kesabaran-Nya. Dengan demikian aku menjadi contoh bagi mereka yang kemudian percaya kepada-Nya dan mendapat hidup yang kekal.
1 Timothy 1:16 (UKJV)  Nevertheless for this cause I obtained mercy, that in me first Jesus Christ might show forth all longsuffering, for a pattern to them which should hereafter believe on him to life everlasting.

Di satu kampung masih aman TV antene belem seperti jaman digital segakang, seorang tukang service sibuk memperbaiki tv, pelanggan semakin banyak untuk menservice tvnya. Malam pun dikerjakan hingga tak sempat nyalakan tv sendiri. Rata-rata keluhannya adalah tv buram dan banyak bintik2 hujan membuat menonton tv kurang enak. Yang aneh baginya adalah rata-rata tv yang banyak diantarkan itu tidak ada yang rusak, tukang service semakin merasa ada sesuatu yang janggal. Seorang kostumer mengajak ke rumahnya untuk memasang langsung tvnya. Sang tukang service pun datang ke rumahnya dan dilihatnya masalah bahwa antene jaring TV tidak ada. Sontak diberitahu ini masalahnya jaring antene itu tidak ada sehingga daya tangkap jaringan lemah. Diapun menyambangi, lho bukankah antene bapak juga begitu. Seluruh kampung ini meniru antene bapak mencopot jaring antene. Tukang service pun langsung menyadari kesalahan dan kekliruan warga ini atas contoh antene tvnya yang tak verjaring. Dia melihat atap rumahnya memang jaring antene tvnya berjatuhan entah kemana. Dia pun memberitahukan bahwa sudah lama tak menonton tv karena sibuk menservice tv. Bahkan yang sangat aneh bahwa tv sekampung itu mencopot jaring antene tv meniru antene tv tungkang service tv. Tukang service tv pun  meminta maaf ke seluruh masyarakat sekampung karena telah dijadikan contoh yang seharusnya tidak demikian.

Dapat kita bayangkan bagaimana keadaan sekampung itu meniru antene tungkang service karena dianggap menjadi contoh dengan mencopot jaring2 antene tv. Contoh yang buruk hasilnya buruk. Contoh diatas sangat penting, orang yang dianggap panutu berperilaku yang kurang akan dianggap menjadi contoh yang kurang baik.

Paulus menasihati Timoteus bahwa dirinya orang berdosa, memperoleh kasih karunia dengan dikasihani oleh Tuhan Yesus Kristus, dipanggil untuk menjadi contoh dan teladan bagi orang yang tidak percaya: dalam pemikiran, perkataan dan perbuatan kasih. Sebagaima pesan Yesus kepada murid2 teladan sudah diberikan agar mereka meneladani jejak yang dilakukan oleh Tuhan Yesus.

Satu teladan lebih baik dari seribu kata-kata. Demikianlah pola atau gaya hidup orang percaya dipanggil untuk menjadi teladan bagi sesama. Bagaimana orang lain mempercayai dan memuliakan Kristus dalam hidupnya sementara pengikut Yesus sendiri tidak memberikan teladan dalam hidupnya? Renungan pagi ini mengajak kita untuk menjadi teladan bagi orang lain.

Ingkarso sung tulodo, demikian ungkapan jawa kuno. Pempimpin itu harus mejadi teladan, berikutnya orang akan mengikuti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...