Kamis, 29 Juni 2017

BERLOMBA TEKUN

BERLOMBA TEKUN

Selamat  pagi! Sahabat yang baik hati! Marilah mengambil waktu sejenak untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan di pagi hati ini sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Jumat 30/06/2017

Ibrani 12:1 (TB)  Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.

Hebrews 12:1 (UKJV)  Wherefore seeing we also are compassed about with so great a cloud of witnesses, let us lay aside every weight, and the sin which does so easily beset us, and let us run with patience the race that is set before us,

Hidup orang Kristen diibaratkan seperti lomba. Semua harus berlomba dalam perjuangan iman menuju garis finish: yaitu kedatangan Kristus yang memberikan mahkota kehidupan. Itulah sebabnya Penulis ibrani mengajak: marilah berlomba dengan tekun! Suatu ajakan penulis Ibrani bagi jemaat mula-mula agar sabar dan bertekun yang menghadapi tekanan. Mereka mengalami penderitaan dari pemerintahan Romawi, dikejar-kejar, dianiaya dan tidak sedikit dari antara jemaat mula-mula yang mati martyr.  Tetapi dari semua itu tetaplah bertekun.

Penulis Ibrani memberikan contoh dalam pasal 11 tentang pengalaman beberapa tokoh Alkitab sebagai saksi-saksi iman bahwa bertekun menghantarkan mereka menang mengatasi pergumulan. Sama seperti tokoh-tokoh alkitab dimaksud Ibarat lomba, tak akan mungkin meraih mahkota kemenangan jika tidak berusaha sampai di garis finish menyelesaikan perlombaan. Seorang atlet harus mempersiapkan diri sebelum lomba, bertahan dari rasa lelah dan harus berjuang dari berbagai kompetitornya.

Hal menarik kedua dari renungan pagi ini adalah kesusahan akan berlalu seperti awan. Semua kita tahu bahwa awan hitam memang akan membuat kelam. Awan hitam segera perranda hujan. Namun habis hujan awan hitam  segera berlalu, dia tak selamanya meliputi, akan ada waktunya awan tersisih dan mentari bersinar terang.

Sahabat yang baik hati, demikianlah orang percaya merayakan kemenangan iman. Jika ada pergumulan jangan berputus asa, memang terkadang kitabharus bergumul bahkan harus berurainair mata mengahadapi segala pergumulan dan beban menimpa. Namun tetap semangat dan bertekun hingga sampai di garis finish kemenangan.
#pdt nekson m sjuntak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...