Jumat, 16 Juni 2017

BERBANTAH DENGAN TUHAN?

BERBANTAH DENGAN TUHAN?

Selamat Pagi! Sahabat yang baik hati, marilah mengambil waktu sejenak untuk berdoa, membaca dan merenungkan firman Tuhan di pagi hari ini sebagai sumber kekuatan, inspirasi dan motivasi bagi kita. Sabtu 17/06/2017

Yeremia 2:29 (TB)  Mengapakah kamu mau berbantah dengan Aku? Kamu sekalian telah mendurhaka kepada-Ku, demikianlah firman TUHAN.

Jeremiah 2:29 (UKJV)  Wherefore will all of you plead with me? all of you all have transgressed against me, says the LORD.

Sudah salah dia pula yang marah? Apa haknya marah? Mungkin pernah anda melihat kejadian semacam itu. Seseorang terburu-buru entah kemana tiba-tiba menabrak orang lain. Sudah dia yang salah namun dia yang marah dan mengomelin orang yang ditabraknya. Sudah salah dia pula yang marah-marah? Ini suatu yang tak lazim terjadi bukan? Namun begitulah contoh orang yg tidak menyadari kesalahannya  sendiri.

Demikian gambaran umat Allah dalam nats renungan ini, nabi Yeremia menubuatkan hukuman atau murka Tuhan kepada mereka; justru bukan takut atau segera memohon maaf namun justru berbantah dengan Tuhan. Apa yang mau dibantah dihadapan Tuhan? Bukankah Tuhan maha tahu, maha adil dan maha segala-galanya. Tuhan tahu apa yang tersembunyi sekalipun di hati manusia? Sehebat apapun manusia menyembunyikan pelanggarannya Tuhan itu maha tahu. Tuhan mengawasi lebih tajam dari cctv manapun. Pelanggaran mereka semua sudah diketahui, mestinya malu seperti pencuri yang tertangkap basah dan tak berani mengangkat muka. Yeremeia membeberkan dosa-dosa para pemimpin, pemuka, imam-imam mereka karena mereka telah meninggal Tuhan dan membuat patung dan allah lain bagi mereka.

Masih adakah yang perlu berbantah di hadapanNya? Yeremia menantang umat Allah sungguh keputusan Tuhan yang akan mendatangkan murka sudah final. Hanya satu jalan meluputkan diri dari murka, yaitu meninggalkan jalan mereka yang tersesat, merendahkan diri di hadapan Allah dan memohon pengasihanNya. Bagi Yeremia pengampunan selalu terbuka.

Tuhan itu pengasih dan penyayang, panjang sabar dan penuh belas kasihan. Jangan berbantah dihadapannya namun mari kita merendahkan diri dihadapanNya memohon pengampunan. Mari nyanyikan  Kyrie elesien, Tuhan kasihani kami. Dia selalu menunggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEBAHAGIAAN ORANG BENAR

  Kotbah Minggu Exaudi Minggu, 12 Mei 2024 Ev. Mazmur 1:1-6 KEBAHAGIAAN ORANG BENAR Selamat Hari Minggu! Sahabat yang baik hati, kotbah ming...